JARGON BAHASA ONLINE SHOP PADA KONTEN KREATOR TIKTOK AFFILIATE

Magfirotul Hamdiah, Widia Endang Prastiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk jargon bahasa yang digunakan oleh kreator dalam konten Tiktok affiliate. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini ialah bagaimana penggunaan jargon bahasa online shop pada konten kreator Tiktok affiliate. Sumber data diambil dari konten Tiktok affiliate, sedangkan data penelitiannya yaitu bentuk jargon bahasa yang digunakan kreator tiktok affiliate dalam video kontennya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu agar pembaca dapat mengetahui secara jelas istilah jargon dalam komunitas Tiktok. Hasil penelitian berdasarkan data yang ditemukan secara keseluruhan terdapat 50 jargon, yang meliputi penggunaan jargon dalam bahasa Indonesia, bahasa Asing, dan bentuk jargon singkatan. Penemuan jargon sebanyak 50 tersebut terdiri dari 15 jargon dalam bahasa Indonesia, 21 jargon dalam bahasa Asing (Inggris dan Korea), dan 14 bentuk jargon singkatan.

References

Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1-10.
Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D”. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, A. (2016). Penggunaan jargon oleh komunitas chatting whatsapp grup. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(2), 60-72.


Authors

Magfirotul Hamdiah
magfirohhamdiah@gmail.com (Primary Contact)
Widia Endang Prastiwi

Article Details