EXPLORING THE DIMENSIONS OF LITERARY PSYCHOLOGY THROUGH THE NOVEL "AREKSA" BY ITA KURNIAWATI IN THE CONTEXT OF LEARNING INDONESIAN LANGUAGE

Hemas Haryas Harja Susetya, Aprilia Coriyatus Za’ada, Siti Aisyah

Abstract

Penelitian ini menganalisis dimensi psikologi sastra dalam novel "Areksa" karya Ita Kurniawati dan eksplorasi dampaknya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kajian psikologi dalam novel Areksa seperti aspek kejiwaan pada tokoh utama di dalam novel Areksa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis psikologi sastra mengkaji dalam hal aspek seperti kejiwaan tokoh serta menguraikan sebuah wujud gangguan mental yang dialami oleh tokoh utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskripsi kualitatif dimana metode penelitian tersebut yaitu agar bisa memahami dari fenomena-fenomena tentang hal yang dialami oleh subjek penelitian tersebut. Dalam penelitian ini sumber data yang didapatkan adalah dengan teknik membaca keseluruhan novel dan mencatat kalimat-kalimat yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Pendekatan analisis teks dan psikologi sastra digunakan untuk mengungkap profil karakter, motif psikologis, dan konflik emosional dalam cerita. Temuan menunjukkan bahwa pengintegrasian elemen-elemen psikologis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahasa dan sastra. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pengembangan strategi pembelajaran yang berfokus pada dimensi psikologi sastra, menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menarik bagi siswa. Dengan memanfaatkan elemen psikologis yang ada dalam "Areksa", pendekatan ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara, menulis, membaca, dan mendengar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

References

Abrams, A. C. (2014). God and blackness: Race, gender, and identity in a middle class afrocentric church. In God and Blackness: Race, Gender, and Identity in a Middle Class Afrocentric Church. https://doi.org/10.5860/choice.185083
Endraswara, S., & Hum, M. (2013). Folklor Nusantara. In Yogyakarta: Ombak.
Fuji Asrini, E., & Anwar, M. S. (2022). KONFLIK BATIN TERKAIT SIKAP AYAH TERHADAP ANAK PADA NOVEL PENARI KECIL KARYA SARI SAFITRI MOHAN. Buana Bastra, 3(2). https://doi.org/10.36456/bastra.vol3.no2.a5011
Harja Susetya, H. H. (2022). Darurat Lahan Hijau dalam Cerpen Palasik dan Petani itu Sahabat Saya Karya Hamsad Rangkuti. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.29300/disastra.v4i1.4684
Minderop, A. (2013). Psikologi Sastra. In Repository UNESA: Vol. I (Issue Maret).
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi / Burhan Nurgiyantoro. Teori Pengkajian Fiksi.
Purba, A. (2010). Sastra Indonesia Kontemporer. Sastra Indonesia.
Putri A, A. T. (2018). Analisis Karakter Tokoh utama dalam Film Hachiko Monogatari (Kajian Psikologi Sosial). In Undergraduate thesis, Diponegoro University.
Sianipar, Y. H., Siregar, Hotmaida Lubis, F., & Simanjuntak, E. E. (2022). Kajian Kritik Sastra Dengan Pendekatan Psikologi. Linguistik: Jurnal Bahasa Dan Sasrtra, 7(1).
Sita, F. N., Jamal, H. S., & Hartati, D. (2021). KAJIAN SASTRA BANDINGAN NOVEL SALAH ASUHAN DENGAN NOVEL LAYLA MAJNUN: Pendekatan Psikologi Sastra. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2). https://doi.org/10.30651/lf.v5i2.8663
Skrzypek, G. J. (1969). Effect of perceptual isolation and arousal on anxiety, complexity preference, and novelty preference in psychopathic and neurotic delinquents. Journal of Abnormal Psychology, 74(3). https://doi.org/10.1037/h0027600
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 2015.
Wellek, R. (1970). The Term and Concept of Symbolism in Literary History. New Literary History, 1(2). https://doi.org/10.2307/468631

Authors

Hemas Haryas Harja Susetya
hemas.haryas@gmail.com (Primary Contact)
Aprilia Coriyatus Za’ada
Siti Aisyah

Article Details