BAHASA SEBAGAI SIMBOL PERADABAN KEHIDUPAN MANUSIA DALAM BERKOMUNIKASI DAN BERSOSIALISASI

Gatut Setiadi

Abstract

Bahasa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masayarakat, karena bahasa memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai sarana interaksi antar manusia. Interaksi antar  manusia ini selain dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilan seseorang dalam berbahasa juga memunculkan kosakata baru dalam berbahasa. Bahasa juga digunakan untuk mengekspresikan imajinasi manusia yang berguna untuk menciptakan nilai estetis dari bahasa tersebut. Setiap masyarakat memiliki bahasa yang berbeda-beda, dengan perbedaan berbagai bahasa tersebut otomatis memunculkan tatanan bahasa yang berbeda pula, dan menjadi suatu peradaban pada kehidupan manusia. Peradaban secara umum merupakan bagian-bagian  dari kebudayaan yang tinggi, halus, indah, dan maju.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. “KBBI VI Daring.” 2023. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
Chaer, Abdul, dan Leonie Agustina. 2020. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Mamud. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, Bandung.
Yudha, A. T. R. C., Setiani, S. Y., & Huda, N. (2023). Eksistensi Generasi Muda dalam Menjaga Ketahanan Pangan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Studi di Desa Kadungrembug, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics Development Issues, 6(2), 106-116.
Muslich, Masnur. 2020. Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Noermanzah. 2019. “Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba): 306–19. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba.
Rahardi, Kunjana. 2019. Dimensi-Dimensi Kebahasaan. Jakartra: Erlangga.
Sugiono, Dendy. 2019. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sumarsono, M. 2021. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Authors

Gatut Setiadi
gatutxxx@gmail.com (Primary Contact)

Article Details