REPRESENTASI NILAI SOSIAL PADA NOVEL SISI TERGELAP SURGA KARYA BRIAN KHRISNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA

Ninis Nur Mufidatul Khamdiyah, Indah Puspitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terkandung pada novel Sisi Tergelap Surga karya Brian Khrisna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu hasil analisisnya berupa deskriptif bukan berupa angka. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara membaca berulang kali secara cermat dan mengklasifikasikan nilai-nilai sosial yang terdapat pada novel Sisi Tergelap Surga karya Brian Khrisna. Penelitian ini berfokus pada nilai-nilai sosial yang terkandung pada novel Sisi Tergelap Surga karya Brian Khrisna. Hasil penelitian pada novel Sisi Tergelap Surga karya Brian Khrisna terkandung nilai-niali sosial, yaitu: nilai kekeluargaan, nilai tolong menolong, dan nilai perjuangan.

References

Aisyah, R. N., & Puspitasari, I. (2024). Representasi Nilai Religius dalam Film Halalkan atau Tinggalkan 3 Karya Elvas Asela (Kajian Sosiologi Sastra). ASMARALOKA: Jurnal Pendidikan, Linguistik dan Sastra Indonesia, 2(1), 35-50.
Diskursif, N. B. (2023). Analisis visual sosial berita berpandukan pendekatan analisis nilai berita diskursif. Jurnal Melayu, 22(October), 54–68.
Miladiyah, S. H. (2014). Nilai Sosial dalam Novel Kubah Karya Tohari dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syaraif Hidayahtullah Jakarta.
Rinatasya Ginting, Sarma Panggabean, K. B. (2022). ANALISIS NILAI SOSIAL DAN NILAI KARAKTER DALAM NOVEL RE: KARYA MAMAN SUHERMAN. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9).
Sauri, S. (2020). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosapada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Junal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 6(1), 1–8. https://jurnal.unigal.ac.id/Index.php/literasi/article/view/3364
Shiba, N., & Yanti, P. G. (2022). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Janji Karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Asas: Jurnal Sastra, 11(2), 79. https://doi.org/10.24114/ajs.v11i2.37154
SUGIYARTI. (2021). ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL IMPERFECT KARYA MEIRA ANASTASIA. Skripsi. [UNIVERSITAS JAMBI]. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Authors

Ninis Nur Mufidatul Khamdiyah
ninismufidah1112@gmail.com (Primary Contact)
Indah Puspitasari

Article Details