STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR FASE B PADA INTEGRASI MODEL PJBL, LITERASI, DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Firdausi Nurharini, Munawwaroh Munawwaroh, Ismatul Maula Ramadhani, Nabila Shidqiyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar fase B melalui integrasi Project Based Learning (PJBL), literasi, dan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 14 laporan observasi yang berasal dari sembilan sekolah dasar negeri dan swasta di Kabupaten Bangkalan dan sekitarnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian meliputi guru dan siswa kelas III dan IV. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara singkat, dokumentasi kegiatan, serta analisis laporan, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar fase B melalui integrasi Project Based Learning (PJBL), literasi, dan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 14 laporan observasi yang berasal dari sembilan sekolah dasar negeri dan swasta di Kabupaten Bangkalan dan sekitarnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian meliputi guru dan siswa kelas III dan IV. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara singkat, dokumentasi kegiatan, serta analisis laporan, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan variasi strategi pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan dominasi model PJBL dan inquiry, diikuti oleh metode problem solving, ceramah, diskusi, dan diferensiasi pembelajaran. Praktik literasi yang ditemukan meliputi pembiasaan membaca 15 menit, pengelolaan pojok baca dan perpustakaan mini, proyek menulis narasi maupun surat, serta penerapan literasi digital pada sekolah dengan fasilitas yang memadai. Tantangan utama yang teridentifikasi meliputi rendahnya minat baca siswa, keterbatasan sarana pembelajaran (seperti proyektor dan koleksi buku), variasi kemampuan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, serta motivasi belajar siswa yang belum konsisten. Integrasi nilai-nilai P5, seperti gotong royong, tanggung jawab, kejujuran, dan bernalar kritis, terlihat terinternalisasi melalui proyek pembelajaran di beberapa sekolah. Kesimpulannya, integrasi PJBL, literasi, dan P5 berpotensi menjadi strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa sekaligus membentuk karakter siswa. Keberhasilan implementasinya memerlukan dukungan sarana yang memadai, peningkatan kompetensi guru, dan penguatan program literasi yang berkelanjutan.

References

Adelia, F., Asdar, A., & Madjid, S. (2024). Model Pembelajaran PjBL Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Kelas IV UPT SDN Kecamatan Rongkong. Bosowa Journal of Education, 5(1), 65–69. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5255
Dewi, D. A., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2024). Eksternalitas Implementasi Model Pembelajaran Kreatif pada Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 8(2), 99–109.
Dull, E., & Reinhardt, S. P. (2014). An Analytic Approach for Discovery. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92).
Imtinan, I., Wakhyudin, H., Nurhayati, R., & Azizah, M. (2024). Menumbuhkan Literasi Baca Melalui Model Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantu Media PANSI Fostering Reading Literacy Through Problem Based Learning ( PBL ) Model Assisted by PANSI Media. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, XX, 216–222.
Jamaludin, S., Mulyasa, E., & Sukandar, A. (2022). Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah study deskripsi di SMP IT Al-Futuhiyah Kecamatan KarangTengah Kabupaten Garut. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 13–27.
Lejiu, G., Tindangen, M., & Rosifah, D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Dengan Strategi Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Menggunakan E-LKPD Berbasis HOTS Materi Sistem Gerak Di Kelas XI SMA Negeri 1 Long Bagun. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3324
Miles, & Hubberman. (2019). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook (4th ed.). In SAGE Publication.
Nurazizah, N. S., & Supriyadi. (2024). Inovasi Penerapan Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di Pkbm Bina Cipta Ujungberung. Rayah Al-Islam, 8(4), 1658–1669. https://doi.org/10.37274/rais.v8i4.1115
PISA. (2020). Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam 3 Tahun Terakhir. Ayo Menulis.
Restika Wijayanti. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 63–80. https://doi.org/10.61132/bima.v3i1.1443
Santrock, J. W. (2020). Child Development: An Introduction. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=fchSzQEACAAJ
Satria, T. G., Sapriya, S., Sa`ud, U. S., & Riyana, C. (2025). Project Based Learning Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila: Implementasi Nilai Karakter Bernalar Kritis. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 87–96. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11020
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin (ed.); Cetakan Pe). CV. Nata Karya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,. Bandung : CV Alif, 01(01).
Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Oecd (Vol. 24, Issue 1). penerbit alfabeta.
Teresia, W. (2024). Asesmen Nasional 2024. 173. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=CrlIEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=%22literasi+sains%22+%22pembelajaran+berbasis+masalah%22+fisika&ots=P70sAOC-3P&sig=E2b1bQooKGtaoECBwagnDQZ8D6c
Wahyuni, S. A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di SDN 131/IV Kota Jambi (p. 154). Universitas Jambi.

Authors

Firdausi Nurharini
firdausi.nurharini@trunojoyo.ac.id (Primary Contact)
Munawwaroh Munawwaroh
Ismatul Maula Ramadhani
Nabila Shidqiyyah

Article Details