ANALISI WACANA KRITIS VAN DIJK PADA TEKS PIDATO PRABOWO DIDEPAN PURNAWIRAWAN TNI

Indah Sinulingga, Dairi Sapta Rindu Simanjuntak, Angelica Renata Sipayung, Putri Sion Dameria Silaen

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna, ideologi, dan relasi kuasa dalam pidato Prabowo Subianto di hadapan purnawirawan TNI melalui pendekatan Analisis Wacana Kritis model Teun A. van Dijk. Pendekatan ini digunakan karena pidato tersebut sarat akan ideologi, sejarah, dan politik yang berkaitan dengan kondisi sosial dan moral bangsa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi dokumentasi, berupa transkrip pidato sebagai data utama dan kepustakaan sebagai data pendukung. Analisis fokus dilakukan pada tiga dimensi utama Van Dijk, yaitu makrostruktur (tematik), suprastruktur (organisasi wacana), dan mikrostruktur (pilihan leksikal, kalimat, pronomina, konjungsi, dan interjeksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema utama pidato tersebut merupakan refleksi perjuangan angkatan '45 sebagai dasar legitimasi keterlibatan purnawirawan TNI di ranah politik dalam rangka menyelamatkan bangsa dari krisis moral dan ketimpangan sosial. Pidato ini menyatukan narasi sejarah, kritik sosial, dan seruan politik dalam satu wacana logistik dan emosional. Pemilihan diksi dan struktur retorika dalam pidato secara strategis membangun citra diri, membangkitkan emosi, dan mengarahkan opini publik kepada legitimasi moral tokoh militer di panggung politik. Temuan ini menegaskan bahwa bahasa dalam wacana politik tidaklah netral, melainkan sarat dengan strategi persuasi dan ideologi.


Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Van Dijk, Pidato Prabowo, Ideologi, TNI, Politik, Generasi 45


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna, ideologi, dan relasi kekuasaan dalam pidato Prabowo Subianto di hadapan para purnawirawan TNI melalui pendekatan Analisis Wacana Kritis model Teun A. van Dijk. Pendekatan ini digunakan karena pidato tersebut sarat akan memuat ideologi, sejarah, dan politik yang berkaitan dengan kondisi sosial dan moral bangsa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi dokumentasi, berupa transkrip pidato sebagai data utama dan literatur sebagai pendukung. Analisis fokus dilakukan pada tiga dimensi utama Van Dijk yaitu struktur makro (tematik), superstruktur (organisasi wacana), dan mikrostruktur (pilihan leksikal, kalimat, kata ganti, konjungsi, dan interjeksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema utama pidato adalah refleksi perjuangan generasi 45 sebagai dasar legitimasi keterlibatan purnawirawan TNI dalam ranah politik demi menyelamatkan bangsa dari krisis moral dan ketimpangan sosial. Pidato ini menyatukan narasi sejarah, kritik sosial, dan seruan politik dalam satu kesatuan wacana yang logistik dan emosional. Pilihan diksi dan struktur retoris dalam pidato secara strategis membangun citra diri, menggugah emosi, dan mengarahkan opini publik terhadap legitimasi moral tokoh militer di panggung politik. Temuan ini menegaskan bahwa bahasa dalam wacana politik tidak netral, melainkan sarat strategi persuasi dan ideologi.


Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Van Dijk, Pidato Prabowo, Ideologi, TNI, Politik, Generasi 45


 


 


 

References

Ahmadi, Kurniawan, dan Kusumawardani, 2020. Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokrasi Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika.
Amar, Djen M, 2021. Komunikasi dan Pidato. Bandung: Penerbit Alumni.
Bach,Kent, 2023. “Context ex Machina,” in Zoltan G. Szabo(ed), Semantics versus Progmatics, Oxford: Clarendon Press.
Fitri Ibrahim, L, 2022. Kesulitan Mahasiswa dalam Menganalisis Wacana Lisan (Spoken Discourse) Pada Kajian Discourse And Conversation. Ta'dib, 11(2). https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.36
Haryatmotoko. 2022. Critical Discourse Analysis: (Analisis Wacana Kritis), Landasan Teori Metodologi dan Penerapan. Cetakan 2 Jakarta: Rajawali Pers, 2022: vi
Kartomiharjo dalam sumarlam, 2009: 156. Analisis Wacana Tekstual dan Kontekslual. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kridalaksana. (2009): 259. Kamus Linguistik, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Monika. Moni. Mai Yuliastri Simarmata. Mesterianti Hartati, 2022. Peningkatan Keterampiln Berbicara Dalam Pidato Persuasif Dengan Strategi Pembelajaran. Everyone Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas IX A SMP NEGERI 1 Sekadu Hulu. Vol.1. No.1.2020.
Mulyana, 2010:1-2. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Randika Firmansyah, 2022. Pemikiran Hamka Tentang Pandangan Hidup Muslim. Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsibc.v2i1.2086
Rustono., Mardikantoro, H. B, 2020. "Kajian Wacana Kritis Model Michel Foucault". Materi 4. Semarang: Program S3 Ilmu Pendidikan Bahasa, Pascasarjana UNNES.
Sulistyarini, D. & Zainal, A.G, 2020. Buku Ajar Retorika. Serang: CV. AA. RIZKY.
Triningsih, Diah Ema., 2021 “Kalten: INTAN PERWIRA, 2021)

Authors

Indah Sinulingga
indahsinulinggalestari@gmail.com (Primary Contact)
Dairi Sapta Rindu Simanjuntak
Angelica Renata Sipayung
Putri Sion Dameria Silaen

Article Details