Analisi Bahan Ajar Digital Kerjaan Kuningan dengan Model Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sejarah

Nur fitri Amalia, Nur Faizah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan literasi sejarah menggunakan bahan ajar digital kerjaan kuningan. Metode penelitian adalah dengan menggunakan kajian pustaka. Kajian pustaka yang digunakan adalah literatur berupa buku, hasil-hasil penelitian yang terkait dengan bahan ajar digital kerjaan kuningan, buku digital. Teori-teori dikaitkan dengan pembahasan permasalahan yang terjadi untuk menemukan solusinya. Hasil kajian ini menyatakan bahan ajar digital kuningan dapat meningkatkan literasi sejarah. Penggunaan bahan ajar digital yang dirancang berbentuk modul dengan fungsi dan kelebihannya, dapat membuat siswa tertarik belajar dan berperan untuk meningkatkan literasi sejarah siswa, siswa yang tidak mengenal budaya lokal menjadi paham dan lebih cinta tanah air.

References

Abdulah, T 1985 Ilmu Sejarah dan Historiografi. Jakarta : Gramedia
Brian Garvey & Mary Krug.2015. Model-Model Pembelajaran Sejarah di SekolahMenengah. Yogyakarta:Ombak
Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya. Bandung
Creswell, John W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications
Depdiknas. 2008. PengembanganBahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Encep Supriatna. “Transformasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Religi dan Budaya untuk Menumbuhkan Karakter Siswa”. ATIKAN, Vol 2 (1) Juni 2012, 21-44.
Fudyartanto, Ki RBS. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Jogjakarta: Global Pustaka Ilmu.
Hamid, A. 2015. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Hasan Hamid. 2011. “Pendidikan Sejarah: Orientasi dan Strategi Pedagogis”. Dalam Jurnal Paramita Vol. 22 No. 1 – Januari 2012, Jurusan Sejarah UNNES.
Heri Susanto. 2014. SeputarPembelajaran Sejarah, Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: IKAPI
Hobri. 2010. Metodelogi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian
Pendidikan Matematika). Jember. Pena Salsabila.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21, Kunci Sukses Implementasi Kurrikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kuswono. 2017. Pengembangan Modul Sejarah Pergerakan IndoensiaT erintegrasi Nilai Karakter Religius. Jurnal Historia, 5 (1): 31-44.
Leo Agung S., M. A. (2009). PENGEMBANGAN Bahan Ajar Digital Sejarah Lokal Berbasis Topomini di Vorstelanden Surakarta. 281–282.
Sam Wineburg. 2006. BerpikirHistoris: Memetakan Masa Depan, Mengajarkan Masa Lalu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sariyatun. 2013. Pengembangan Model Pendidikan Nilai-Nilai Budaya di SMP Berbasis Tradisi Seni Batik Klasik Surakarta. Jurnal Paramita Vol. 22 No.1 – Januari 2013. ISSN: 0854-0039 Jurusan Sejarah FIS Unnes
Sanjaya, W. (2011). StrategiPembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
SugengPriyadi. 2012. Sejarah Lokal Konsep, Metode dan Tantangan. Yogyakarta: Ombak.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta
Suryani, N, Achmad S, Aditin . 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.
Susanto.Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah: isu, gagasan, dan strategi pembelajaran. Yogyakarta: AswajaPressindo
Steve Chi-Yin Yuen, Gallayanee Yaoyuneyong dan Erik Johnson. 2011. Augmented reality: On Review an Five Directions for AR in Education. Jurnal Education Technology Development and Exchange: 4(1): 119-140.
Stephanie M. Bennett.2014. “Teachers’ beliefs and implementation of historical literacy pedagogy in three Advanced Placement United States History classrooms.The Georgia Social Studies Journal. Fall, Volume 4, Number 2, pp. 53-67

Authors

Nur fitri Amalia
nurfitriamalia188@gmail.com (Primary Contact)
Nur Faizah
Amalia, N. fitri, & Nur Faizah. (2023). Analisi Bahan Ajar Digital Kerjaan Kuningan dengan Model Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sejarah. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 377–381. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v3i2.250
Copyright and license info is not available

Article Details