Pengembangan moral melalui pembiasaan membaca surat pendek dan keteladanan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kraksaan

Mujiburrohman Mujiburrohman

Abstract

Perkembangan moral agama sangat erat kaitanya dengan budi pekerti, sopan santun dan kemauan melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Agama merupakan pokok pondasi paling awal dalam menanamkan rasa keimanan pada diri anak. Dalam agama terdapat dua unsur yang sangat penting yaitu keyakinan dan tatacara yang keduanya tidak dapat dipisahkan.Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengkaji Untuk mengetahui penerapan perkembangan moral pada anak di  SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kraksaan Kraksaan. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan membaca surat-surat pendek dalam mengembangkan moral pada anakdi   SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kraksaan Kraksaan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil peserta didik dan prosentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 68 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 68 %. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 87 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode Active Interaction dan Conditioning (pembiasaan) dalam membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an terbukti dapat meningkatkan moral peserta didik. Faktor yang menghambat adalah anak merasa bosan dengan pengulangan surat-surat yang di baca, sementara yang mendukung adalah motivasi dan inovasi-inovasi baru dari pendidik.

References

Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132-146.
Jariah, A. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kebiasaan Membaca Al-Quran. Jurnal Studia Insania, 7(1), 52-65.
Lestariningrum, A. (2014). Pengaruh penggunaan media VCD terhadap nilai-nilai agama dan moral anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 195-206.
Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 114-130.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.
Ramdhani, M. A., & Ramdhani, A. (2014). Verification of research logical framework based on literature review. International Journal of Basic and Applied Science, 3(2), 1-9.
Ratina, M. (2012). Pembelajaran Agama di Sentra Iman dan Taqwa Taman Kanak-Kanak Huffazh Payakumbuh. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5).
Rusiadi, R. (2023). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(9), 846-857.
Tadjuddin, N. (2014). Meneropong perkembangan anak usia dini perspektif Al-Qur’an. Jawa Barat: Tim Herya Media.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.
Zulfitria, Z. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2).

Authors

Mujiburrohman Mujiburrohman
mujiburrahman9990@gmail.com (Primary Contact)
Mujiburrohman, M. (2023). Pengembangan moral melalui pembiasaan membaca surat pendek dan keteladanan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kraksaan. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 108–115. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.304
Copyright and license info is not available

Article Details