Pengembangan Moral Melalui Pembiasaan Membaca Surat Pendek dan Keteladanan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kraksaan

Mujiburrohman Mujiburrohman

Abstract

Perkembangan moral agama sangat erat kaitanya dengan budi pekerti, sopan santun dan kemauan melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Agama merupakan pokok pondasi paling awal dalam menanamkan rasa keimanan pada diri anak. Dalam agama terdapat dua unsur yang sangat penting yaitu keyakinan dan tatacara yang keduanya tidak dapat dipisahkan.Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengkaji Untuk mengetahui penerapan perkembangan moral pada anak di  SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kraksaan Kraksaan. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan membaca surat-surat pendek dalam mengembangkan moral pada anakdi   SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kraksaan Kraksaan.


Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil peserta didik dan prosentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 68 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 68 %. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 87 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode Active Interaction dan Conditioning (pembiasaan) dalam membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an terbukti dapat meningkatkan moral peserta didik. Faktor yang menghambat adalah anak merasa bosan dengan pengulangan surat-surat yang di baca, sementara yang mendukung adalah motivasi dan inovasi-inovasi baru dari pendidik.

References


Abdul Djalal, Ulumul Qur’an (Surabaya: CV Dunia Ilmu, 2013)
Abdul Malik, Tata Cara Merawat Balita Bagi Ummahat, (Yogyakarta: Gara Ilmu, 2009)
Ahmad Lutfi, Pembelajaran Al-Qur`an Dan Hadist (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009)
Ainiyah, Nur. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum 13.1 (2013)
Arfi Syamsu, Metode Supernol Menaklukkan Stres, (Jakarta: Hikmah Publishing House, 2008)
Ari Wibowo, Pembinaan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Bagi Siswa MTS Negeri Pakem Sleman Yogyakarta, Skripsi,(Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012
Chabib Thoha, Metodologi Pengajaran Agama (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999)
Depag RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya (Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci AlQur’an, 1983)
Dewi Ngestin Agustin. “Metode Pengembangan Moral Pada Anak Usia Dini”, Jurnal Golden Age, Vol 01. No 18 (Januari 2016,) 25.
Departemen Agama, Al-‘Aliyy Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2005)
E Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Imas Kurniasih, Mendidik SQ Anak Menurut Nabi SAW. (Yogyakarta: Penerbit Pustaka Marwa, 2010)
Heru Kurniawan, Kreatif mendongeng untuk kecerdasan jamak anak. (Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri 2016)
Ida Laila Marfuah, Pembinaan Akhlak Melalui Metode pembiasaan Pada Anak Kelompok B di Bustanul Athfal „Aisyiyah Jumoyo Kecematan Salam Kabupaten Magelang, Skripsi, (Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018)
Imam Muchlas, Al-Qur’an Berbicara (Kajian Kontekstual Beragam Persoalan) (Surabaya: Pustaka Progresif, 1996)
Jariah Ainun, Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kebiasaan Membaca Al-Qur’an: Jurnal Stadia Insania, Vol 7, No 1, (2019)
Jonas, Mark E, Plato’s anti kholbergian program for moral education Journal of Philosophy of Education.(2016) Vol. 50, No. 2.
Kiromi, Ivonne Hafidlatil, and Puji Yanti Fauziah. Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 3.1 (2016)
Kristiawan, Muhammad. Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta'dib 18.1 (2016)
Lestariningrum, Anik. Pengaruh Penggunaan Media Vcd Terhadap Nilai-nilai Agama Dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini 8.2 (2014)
Mawaddah Nasution dan Rini. “Upaya Meningkatkan Moral Pada Anak Melalui Pembiasaan Berbagi di RA Nurul Huda Karang Rejo Kecamatan Stabat Tahun 2016”, (Medan: Jurnal, Pendidikan Anak Usia Dini FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2016).
Michele Borba, Membangun Kecerdasan Moral, (Bandung: diva Press, 2008)
Mistriyani, Perkembangan moral melalui pembiasaan Terimakasih, Jurnal Golden Age, Vol 01. No 13 April 2016
Muhammad Yaumi, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2016)
Muhammad Ali Ramdhani, Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 08;No. 01;(2014)
Mulianah Khaironi, Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini, Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi , vol 01. No. 1, juni 2017
M. Nurhadi, Pendidikan Kedewasan Dalam Perspektif Psikologi Islami (Yogyakarta: Deepublish, 2012)
Moh. Ali Ash-Shabuny, Pengantar Study Al-Qur’an (Bandung: Al-Ma’arif, 1987)
Mulyasa, Manajemen PAUD,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014)
Mulyatiningsih, Endang. Analisis Model-model Pendidikan Karakter untuk Usia Anak-anak, Remaja, dan Dewasa. (Yogyakarta: UNY), dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/DraEndang-Mulyatiningsih,-M.Pd./13B_Analisis-Model-Pendidikan-karakter. pdf, diakses pada 8 (2011)
Nur Hidayat, Implementasi Pendidikan Karakter Melalui pembiasaan Di Pondok Pesantren Pabelan JPSD: Jurnal Pendidikan Dasar VoL. 2, No. 1 2 Maret 2020
Permendikbud No 137 Tahun 2014, Tentang standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebangsaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Degdibut,2014)
Ratina, Mahyumi. Pembelajaran Agama Di Sentra Iman Dan Taqwa Sekolah dasar Huffazh Payakumbuh. Jurnal Pesona PAUD 1.05 (2012).
Ramli, Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik, ISSN : 2088-4095 Tarbiyah Islamiyah, Volume 5, Nomor 1, (Januari-Juni 2017)
Rozi Sastra Purna, Psikolog, Arum Sukma Kinasih, Psikolog. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta PT Indeks, 2015)
Tadjuddin, Nilawati, Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif Al-Quran, (Depok: Harya Media, 2014)
Sitta Hafida‟Ulu, Koesdyantho,Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Membaca Al-qur‟an, Jurnal Sinektik: (2018) VoL. 1, No. 2
Syaiful Bahri Djamrah, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 1994)
Syaiful Bahri dan dan Aswan Zain Djamrah, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997)
Tim Dosen PAI, Bunga Rampai Peneletian Dalam Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: Deeppublish, 2016)
Umar Suwito, Character Building (Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter?), Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008)
Wendi Zaman, Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulullah Itu Lebiih Mudah dan Lebih Efektif, (Bandung: Penerbit Ruang Kata, 2011)
Wahyu Wijayanta, Implementasi Metode Pembiasaan Guna Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Dalam Pembelajaran PAI SMP Negeri 1 Kalasan Sleman, Skripsi,(Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013)
Zukfitria, Peran Pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an Dalam Pendidikan Karakter Siswa, ISSN: 2621-6477, 2018

Authors

Mujiburrohman Mujiburrohman
mujiburrahman9990@gmail.com (Primary Contact)
Mujiburrohman, M. (2023). Pengembangan Moral Melalui Pembiasaan Membaca Surat Pendek dan Keteladanan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kraksaan. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 93–105. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.304
Copyright and license info is not available

Article Details