Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Ber-Akhlaqul Karimah dengan Mengamalkan yang Sudah Dipelajari di MA Uswatun Hasanah

Didik Heriadi

Abstract

Sudah sewajarnya jika para pendidik melakukan berbagai usaha dalam melakukan perbaikan – perbaikan pelaksanaan pendidikan akhlak untuk mengisi jiwa dan menjadikan sebagai karakter  peserta didik dengan perbuatan – perbuatan yang baik.Penerapan pendidikan akhlak tersebut dapat diwujudkan melalui upaya pemahaman,  keteladanan, pembiasaan, analisa diri, analisa sosial, dan menjadikan karakter sengingga terbiasa mengaplikasikannya. Metode pembelajaran karakter adalah usaha yang dijalankan secara sistematis oleh para pendidik. Demi menciptakan kualitas nilai karakter anak melalui penanaman nilai yang positif.seorang pendidik masih memerlukan metode mengajarkan kepada anak untuk mewujudkan karakter yang baik. Mewujudkan karakter tertentu, tentu saja diperlukan peran lingkungan dalam Pendidikan karakter.  Untuk itu, perlu memberikan pemahaman pada anak tentang nilai tertentu. Misalnya nilai kesopanan, kedisiplinan, agama dan masih banyak lagi.

References


Saleh.2005.Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur.an, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas.2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Daradjat Zakiyah dkk. 1996. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Muhaimin, Abdul Majid, Jusuf Mudzakir, Marno. 2005. Kawasan dan Wawasan Studi Islam, Jakarta: Prenada Media.
Mustofa Ahmad.1999. Akhlaq Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia.
Asmaran A.S .1992.Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Rajawali Press

Authors

Didik Heriadi
soekarno19691@gmail.com (Primary Contact)
Heriadi, D. . (2023). Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Ber-Akhlaqul Karimah dengan Mengamalkan yang Sudah Dipelajari di MA Uswatun Hasanah. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 87–92. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.313
Copyright and license info is not available

Article Details