Realisasi anggaran pemerintah sektor pendidikan (kajian pada aspek keadilan di lembaga pendidikan madrasah)

Muh. Arif Ma'ruf, Ara Hidayat

Abstract

Anggaran yang diberikan kepada suatu bidang menunjukkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk menyelesaikan masalah di bidang tersebut. Anggaran pendidikan dikeluarkan 20 persen oleh pemerintah menjadi masalah ketika realisasinya tidak sesuai dengan tujuan anggaran itu dibuat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis realisasi anggaran pemerintah sektor pendidikan pada lembaga pendidikan madrasah di Indonesia. Area kajian ini khusus pada aspek berkeadilan di lembaga madrasah mencakup Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah se-Indonesia. Metodologi penelitian kualitatif dengan pengambilan data secara studi Pustaka digunakan untuk menggambarkan secara deskripsi mengenai realisasi anggaran. Hasil penelitian pada lembaga madrasah, perbedaan gender antara laki laki dan perempuan memiliki tingkat perbedaan yang tidak terlalu jauh. Sehingga realisasi anggarannya cukup tepat. Kedua dari Indeks Paritas Gender, memiliki kesenjangan gender yang cukup, semua di titik ideal kecuali di tingkat madrasah Aliyah pada siswa perempuan lebih tinggi 0,3 point dari titik ideal pada siswa laki-laki. Realisasi anggaranya cukup baik pada aspek kesenjangan gender tersebut. Ketiga dari Angka Partisipasi Siswa Swasta, data menunjukan bahwa cukup besar persentase jumlah siswa swasta dibanding negeri. Perlu ada perhatian yang tinggi akan akses pendidikan untuk memberikan keadilan untuk pendidikan bagi semua.

References

Barba Miranda, L. C., & Delgado Vadivieso, K. E. (2021). Gestión escolar y liderazgo del directivo: Aporte para la calidad educativa. Revista EDUCARE - UPEL-IPB - Segunda Nueva Etapa 2.0, 25(1 SE-Informes de Investigación Cuantitativa o Cualitativa), 284–309. https://doi.org/10.46498/reduipb.v25i1.1462
BPS. (2023). Statistik Indikator Pendidikan. Diakses pada 25 Desember 2023 dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table?subject=521
Brundrett, M. (2014). Education for all: the challenges of achieving universal early childhood care and primary education. Education 3-13, 42(3), 233–236. https://doi.org/10.1080/03004279.2014.912911
Cannonier, C., & Mocan, N. (2018). The Impact of Education on Women’s Preferences for Gender Equality: Evidence from Sierra Leone. Journal of Demographic Economics, 84(1), 3–40. https://doi.org/10.1017/dem.2016.12
Cappelen, A. W., Falch, R., Sørensen, E., & Tungodden, B. (2021). Solidarity and fairness in times of crisis. Journal of Economic Behavior and Organization, 186, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2021.03.017
Christianingrum, R. (2018). The Effect Of Education Budgets On Indonesian Education Development Ratna Christianingrum. Jurnal budget, 3(2), 64–98.
Jung, S., Cho, S. H., & Roberts, R. K. (2015). The impact of government funding of poverty reduction programmes. Papers in Regional Science, 94(3), 653–675. https://doi.org/10.1111/pirs.12089
Kemdikbud. (2018). Indikator Pendidikan Di Indonesia, Education Indicators in Indonesia Tahun 2017/2018. 107.
Kemenag. (2023). Data Statistik RA & Madrasah 2022/2023 Semester Genap. Diakses pada 25 Desember 2023 dari http://infopublik-emis.kemenag.go.id/?ta=2022%2F2023+Genap
Kemenkeu. (2022). Anggaran Pendidikan. Diakses pada 25 Desember 2023 dari https://data-apbn.kemenkeu.go.id/lang/id/post/10/anggaran-pendidikan
Kiran, M., & Kumari, M. R. (2016). Higher Education : Equity , Access & Exellence. Bhartiyam International Journal of Education & Research, 5(Iv), 51–58.
Kundu, A., & Biswas, P. (2019). Gender parity index in primary school in rural India: An analysis. 6(2). www.kspjournals.org
Mangkoesoebroto, G. (2016). Ekonomi Publik (3 ed.). BPFE-Yogyakarta.
Mubarak, F. (2004). Faktor dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Management of Education, 1(1), 10–18. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/moe/article/view/342/258
Mukhtaruddin, Muhammad, S., Masbar, R., & Nasir, M. (2018). International Journal of Economics, Commerce and Management Effect Of Educational Budget And Educational Quality To Education Quality Case Study On The Senior High School (SMA). International Journal of Economics, Commerce and Management, VI(4), 141–153. http://ijecm.co.uk/
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). LP2M UPN Veteran Yogyakarta Press.
Penaluna, B. E., & Arismendi, I. (2022). The Gender Gap: Women as Authors and Leaders in International Publications in Fisheries Science. In Encyclopedia of Inland Waters, Second Edition (2 ed., Vol. 4). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-819166-8.00162-6
Raghupathi, V., & Raghupathi, W. (2020). The influence of education on health: An empirical assessment of OECD countries for the period 1995-2015. Archives of Public Health, 78(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s13690-020-00402-5
Rahmadina, R. P., Ratna, M., & Budiantara, I. N. (2021). Pemodelan Faktor yang Memengaruhi Angka Partisipasi Kasar SMA/sederajat di Papua Menggunakan Regresi Nonparametrik Spline Truncated. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.54873
Serrano Rodríguez, R., Pérez Gracia, E., Puño-Quispe, L., & Hurtado Mazeyra, A. (2023). Quality and equity in the Peruvian education system: Do they progress similarly? International Journal of Educational Research, 119(November 2022). https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.102183
Shi, Z., & Qamruzzaman, M. (2022). Re-Visiting the Role of Education on Poverty Through the Channel of Financial Inclusion: Evidence From Lower-Income and Lower-Middle-Income Countries. Frontiers in Environmental Science, 10(May), 1–17. https://doi.org/10.3389/fenvs.2022.873652
Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142–151. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.60171
UNESCO. (2006). Education for All (EFA) in least developed countries. UNESCO Institute for Statistics. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000147259.locale=en
UNESCO. (2018). Global education monitoring report, 2019: Migration, displacement and education: building bridges, not walls. https://doi.org/https://doi.org/10.54676/XDZD4287
UNESCO. (2022). Gender parity index (GPI) | UNESCO UIS. UNESCO Institute for Statistics. http://uis.unesco.org/en/glossary-term/gender-parity-index-gpi

Authors

Muh. Arif Ma'ruf
muhamadarifmaruf77@gmail.com (Primary Contact)
Ara Hidayat
Author Biographies

Muh. Arif Ma'ruf, a:1:{s:5:"en_US";s:30:"UIN Sunan Gunung Djati Bandung";}

Pascasarjana S2 Manajemen Pendidikan Islam

Ara Hidayat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana S2 Manajemen Pendidikan Islam

Ma’ruf, M. A., & Hidayat, A. (2024). Realisasi anggaran pemerintah sektor pendidikan (kajian pada aspek keadilan di lembaga pendidikan madrasah). BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v6i1.432
Copyright and license info is not available

Article Details