Problematika pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan kinerja pustakawan di Yayasaan Sirajul Ulum Jatiurip Krejengan Probolinggo
Abstract
Pustakawan merupakan unsur penunjang pada perpustakaan, maka keberadaannya sangat dibutuhkan, karena mereka merupakan profesionalis dan terampil dibidang perpustakaan. Dengan adanya pustakawan yang profesionalis dan terampil maka perpustakaan tersebut akan lebih menyenangkan dan terkelola dengan baik. Seorang pustakawan harus mempunyai jiwa pengabdian terhadap tugas-tugas dan fungsi perpustakaan sebagai sarana penunjang pendidikan formal dan nonformal, serta senantiasa bersedia membantu, membimbing, dan memberikan layanan kepada masyarakat terbuka dan suka rela, sehingga tujuan perpustakaan ini dapat tercapai. Dengan adanya penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pustakawan Perpustakaan Madrasah Aliyah Sirajul Ulum teknik untuk pengumpulan data yang dilakukan berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan dengan mengidentifikasi semua peristiwa penting yang mempunyai hubungan dengan objek penelitian. Hasil penelitian ini dapat disarankan ke Perpustakaan di Madrasah Aliyah Sirajul ulum sebagaimana pustakawan harus meningkatkan kinerjanya agar lebih baik lagi memberikan pelayanan yang optimal kepada pemustaka.
References
Anniswaty Hafid, Salim Basalamah, & Noer Jihad Saleh. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pustakawan Pengadilan Agama di Sulawesi Selatan dan Barat. Tata Kelola, 8(2). https://doi.org/10.52103/jtk.v8i2.595
Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Pelayanan, dan Kinerja Pustakawan terhadap Minat Berkunjung Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(2).
Husna, J. (2019). Peran Pustakawan Sebagai Kreator Konten Digital. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2). https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.173-184
Marguna, A. M., & Sangiasseri. (2020). Pengaruh Kompetensi Digital (e-Skills) Terhadap Kinerja Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Jupiter, XVII(2).
Mustika, P. (2017). Profesionalisme Pustakawan. Buletin Perpustakaan, 57.
Ngatini. (2020). Peran Pustakawan dalam Optimalisasi Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Buletin Perpustakaan Universitas Indonesia, 3(2).
Rulyah, S. (2018). Profesi Pustakawan: Tantangan dan Peluang. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca, 34(1).
Susilawati, A. (2023). Pengaruh Kinerja Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan Sekolah SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Information Science and Library, 4(1). https://doi.org/10.26623/jisl.v4i1.6821
Triningsih, C. E. (2022). Profesionalisme Pustakawan Dalam Membangun Layanan Informasi di Era Society 5.0. Indonesian Journal Of Library and Information Science, 3.
Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan. Jambura Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.526
Zakaria, F. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pprofesional Pustakawan. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 11(1). https://doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.19-29