Pelatihan pengembangan literasi digital dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMP Al-Azhar 29 Semarang

Firdaus Ainul Yaqin, Kukuh Tri Karnandi, Muhammad Rofiq

Abstract

Model perkembangan proses kehidupan kultur pada era digital, tentu memberikan tawaran secara penuh bagi tipe atau cara pembelajaran yang seharusnya dapat diinput menggunakan teknologi. Hal demikian atas dasar dengan koherensi kehidupan di era milenial ini yang mengharuskan kemampuan dalam berteknologi. Bertingkatnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau lebih familiar disebut dengan IPTEK dalam ranah teknologi dan informasi maupun komunikasidapat mewujudkan banyaknya penyebaran globalisasi dan dapat menyebabkan dampak terhadap berbagai sisi. Keadaan seperti ini menuntut siswa untuk memiliki kompetensi secara lincah dalam mencari informasi, baik di dapat dengan melalui jaringan internet ataupun literasi digital. WA ataupun Whatsap merupakan salah satu alat atau media sosial yang juga dapat memberikan pengaruh bagi siswa untuk berlangsungnya pembelajaran, karena di era milenial ini peserta didik sangat memerlukan media khususnya whatsap ini. Salah satu tujuan aganya sebuah program literasi informasi digital adalah menyajikan bekal kreativitas bagi tenaga pendidik dan perpustakaan sekolah supaya bisa mengajarkan kepada peserta didik dalam mendeteksi informasi atau data yang harus dibutuhkan bagi dirinya.

References

Anwar, S., & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Bangsa Pendahuluan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2).
Arianto, B. (2022). Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(2). https://doi.org/10.24076/jspg.2021v3i2.659
Chaeruddin. (2013). Jurnal Diskursus Islam Volume 1 Nomor 2, Agustus 2013. Jurnal Diskursus Islam, 1(3).
Maifianti, K. S., Hidayati, R., & Mauliansyah, F. (2021). Literasi Digital dan Etika Bermedia Sosial Kalangan Pelajar di SMAN Wira Bangsa Aceh Barat. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1716
Munir, M., Sholehah, H., & Rusmayadi, M. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter di Pendidikan Sekolah Dasar. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 2(1). https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.285
Putri, D. E., & Mutia, F. (2020). Literasi Media Sosial pada Pustakawan Perguruan Tinggi Negeri. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 6(2). https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i2.32351
Rofii, A., Herdiawan, R. D., Nurhidayat, E., Fakhrudin, A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. (2021). Penyuluhan Tentang Bahaya Pergaulan Bebas dan Bijak Bermedia Sosial. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4). https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1588
Siregar, D. R. S., & Musfah, J. (2022). Model Kepemimpinan Pendidikan Rasulullah Saw. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(2Siregar, D. R. S., Musfah, J. (2022). Model Kepemimpinan Pendidikan Rasulullah Saw. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 206–213.).
Tsaniyatus Sa’diyah. (2022). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(3). https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408
Yuliawati, S., Suganda, D., & Darmayanti, N. (2021). Penyuluhan Literasi Digital Bagi Guru-Guru SMP di Kota Sukabumi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29604

Authors

Firdaus Ainul Yaqin
firdos10@gmail.com (Primary Contact)
Kukuh Tri Karnandi
Muhammad Rofiq
Yaqin, F. A. ., Karnandi, K. T. ., & Rofiq, M. . (2022). Pelatihan pengembangan literasi digital dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMP Al-Azhar 29 Semarang. KHIDMAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 44–50. https://doi.org/10.55210/khidmah.v2i2.130
Copyright and license info is not available

Article Details