Pelatihan peningkatan mutu pendidikan sebagai solusi problem kultural
Abstract
Dalam menghadapi tantangan global yang semakin ketat, upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai hambatan yang kompleks. Selain masalah terkait pendanaan dan sarana prasarana, kendala tradisional seperti sikap mental, budaya, dan sistem nilai yang dipegang teguh oleh masyarakat, termasuk para tokoh pendidikan, juga menjadi tantangan signifikan. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pro-pendidikan, namun seringkali tidak terlihat korelasi positif dalam peningkatan mutu pendidikan. Persoalan seperti kurangnya tertatanya sistem pendidikan, rendahnya mutu pembelajaran, ketidakrelevanan kurikulum, dan masalah kemampuan, menjadi permasalahan yang sering muncul. Dalam konteks ini, guru dianggap sebagai akar dari permasalahan tersebut, sehingga identifikasi masalah pendidikan menjadi krusial untuk memahami hambatan sebenarnya yang dihadapi.
References
Arsih, S. (2019). Upaya Peningkatan Pelayanan Supervisi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(2).
Desi Pristiwanti. (2022). Pengertian Pendidikan Secara Umum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Erfy Melany, L. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1).
Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474
Khoiri, N. (2019). Metodologi penelitian pendidikan: Ragam, model, dan pendekatan. Semarang: Southeast Asian Publishing.
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928
Lestari, S. D., & Maunah, B. (2022). Dasar - Dasar Yuridis Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(3). https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i3.31876
Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter untuk meningkatkan mutu di sekolah. Book, 7(1).
Saparwadi, S. (2022). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA di Kecamatan Janapria. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2831
Turmidzi, I. (2021). Implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah. Tarbawi, 4(1).
Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. JURNAL PENELITIAN, 11(2). https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489
Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3). https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.87