Pendampingan belajar bagi siswa di MI Ihyauddiniyah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning

Babul Bahruddin, Khoirun Nisa

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang melibatkan tiga dimensi utama, yaitu individu, masyarakat, dan komunitas nasional. Lebih dari sekadar pengajaran, pendidikan mencakup transfer ilmu, transformasi nilai, dan pembentukan karakter dalam segala aspek kehidupan seseorang. Sebagai kebutuhan pokok, pendidikan memainkan peran penting dalam menyediakan keseimbangan dan kesempurnaan dalam perkembangan individu dan masyarakat. Di Desa Duren Sereh, anak-anak mulai menimba ilmu sejak PAUD hingga MTS Ihyauddiniyah. Model pembelajaran yang digunakan dalam pendampingan belajar siswa MI Ihyauddiniyah oleh peserta PKM didasarkan pada Discovery Learning. Melalui metode Appreciative Inquiry, peserta PKM menggunakan empat tahap, yaitu Discovery, Dream, Design, dan Destiny, serta langkah-langkah seperti Design, Define, dan Refleksi. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa secara aktif dan kreatif. Discovery Learning mendorong siswa untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan menguasai konsep dengan variasi jawaban yang individu. Dengan demikian, pendampingan ini diharapkan dapat menghasilkan perubahan positif dalam pembelajaran siswa, memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang luas dan menghadapi tantangan belajar dengan lebih inovatif.

References

Farkhan, A., Rahmah, A., Alwatasi, U., & Setiawan, F. (2022). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5). https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1354
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).
Meilantifa, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25139/smj.v6i2.913
Mulyadi, Lailatul, U., Andre, W., & Khomsatun, N. (2022). Optimalisasi Karang Taruna Desa Sooko dalam Menjalankan Roda Keorganisasian. POEDAK: Local Wisdom Community Service Journal, 1(1).
Subroto. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kemagnetan pada Peserta Didik. JMPF: Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1).
Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Urgensi Pendidikan dan Pengajaran Akhlak (Budi Pekerti) Sebagai Pondasi Dalam Perspektif Islam. (2021). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v2i1.132
Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. JURNAL PENELITIAN, 11(2). https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1). https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969

Authors

Babul Bahruddin
babulbahrudin@gmail.com (Primary Contact)
Khoirun Nisa
Bahruddin, B. ., & Nisa, K. . (2022). Pendampingan belajar bagi siswa di MI Ihyauddiniyah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. KHIDMAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 65–70. https://doi.org/10.55210/khidmah.v2i2.153

Article Details