Pelatihan pengelolaan emosi dengan metode experiental learning bagi ibu

Arifia Retna Yunita, Nur Hayati

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman orang tua terutama ibu terhadap pentingnya memahami emosi agar mendampingi anak untuk belajar dirumah menjadi lebih menyenangkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan dalam bentuk sosialisasi dan pendampingan bagi orang tua terutama ibu yang memiliki anak usia sekolah didesa Ampelan kecamatan Wringin. Pengabdian masyarakat ini dilaksakan dengan jumlah peserta sekitar 30 orang. Kegiatan ini menunjukkan keberhasilan terlihat dari partisipasi aktif dari ibu-ibu dalam diskusi di mana dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kegiatan pengabdian masyarakat. Selain itu, pendampingan pelatihan pengelolaan emosi  yang dilaksanakan dengan antusias. Sehingga tim pengabdian masyarakat merencanakan akan melakasakan kegiatan pengabdian masyarakat didesa lain dan merencakan untuk memeberikan pelatihan kepada guru sehingga hasil pelatihan dapat memberikan arahan dan informasi kepada orang tua sebagai tindak lanjut kegiatan pengabdian masyarakat.

References

Darwati, I. (2017). Perancangan Web Perpustakaan Pada Smp Taruna Bhakti Depok. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 239–244. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/501
Dr. Vladimir, V. F. (1967). Pengelolaan perpustakaan sekolah di smp negeri 1 dan smp negeri 2 ngemplak sleman yogyakarta. 1(69), 5–24.
Duha, E. (2020). Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Web Pada Smp Negeri 3 Huragi. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer), 19(1), 24. https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.222
Fathurrochman, I. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 85. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216
Grocke & Moe. (2015). Bab 1(2). In Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Pada Smkn 1 Tuah Kemuning(pp. 7–39).
Khoeruddin, T. (2021). Manajemen Perpustakaan di SMP Negeri 1 Majalaya Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3764–3770.
Mangapeng, R. E. F. (2016). Peranan Pengelola Perpustakaan Dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Siswa SMP Negeri Empat Manado. E-Journal “Acta Diurna,”5(3), 1–14.
Muhammad, I. (2015). manajemen perpustakaan di sekolah menengah pertama (smp) negeri 1 bajeng kabupaten gowa provensi sulawesi selatan. Proceedings of the National Academy of Sciences, 3(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ceb
Museum, M. F. (2019). Pengelolaan perpustakaan sekolah di smp negeri 41 semarang tahun ajaran 2018/2019. 45(45), 95–98.
Prasetya, R. G. (2017). manajemen perpustakaan sekolah. Manajemen Perpustakaan Sekolah, 01, 6–18.Rochmah, E. A. (2016). PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN Erma Awalien Rochmah. Ta’Allum, 04(02), 277–292.

Authors

Arifia Retna Yunita
Nur Hayati
Yunita, A. R. ., & Hayati, N. . (2023). Pelatihan pengelolaan emosi dengan metode experiental learning bagi ibu. KHIDMAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.55210/khidmah.v3i1.169
Copyright and license info is not available

Article Details