Pendampingan praktek sholat melalui metode demonstrasi di sekolah MA Bahrul Ulum kelas X Besuk Probolinggo
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penggunaan metode demonstrasi pada pelajaran fiqih dalam upaya meningkatkan pemahaman praktek shalat pada siswa. penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Besuk untuk mata pelajaran fiqih. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X. Pendekatan yang digunakan adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengabdian tindakan kelas pada dasarnya merupakan pengembangan dan Pengabdian tindakan (Action Research). Instrumen yang digunakan dalam Pengabdian ini adalah studi Kepustakaan dan studi lapangan. Dari hasil Pengabdian didapati hasil akhir bahwa penggunakaan metode demonstrasi terhadap siswa dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan dalam dua siklus diperoleh oleh aktivitas guru dalam pembelajaran meningkat dari 65% pada siklus I, menjadi 75% pada siklus II. Peningkatan ini tentunya dipengaruhi oleh: a) Pemahaman guru terhadap metode demonstrasi semakin bagus, b) respons siswa terhadap setiap kegiatan dalam metode sangat bagus. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam pelajaran fiqih dapat ditingkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi, penerapan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran akan mempermudah siswa untuk memahami mata pelajaran serta memberikan ruang yang lebih kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Tingkatan Madrasah Aliyah Bahrul Ulum belum bisa melaksanakan sesuai dengan syariat,banyak tidak sesuai dengan syariat,pendampingan sholat,untuk meningkatkan pemahaman tentang fiqih sholat.
Solusi dari pkm ini adalah pendampingan praktek sholat di kelas X MA.Bahrul Ulum sesuai fiqih madzhab imam syafi’i
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran (Asfah Rahman (ed.)). Raja Grafindo Persada.
Alexandromeo, Apa itu Canva? Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya (Lengkap), https://makinrajin.com/blog/canva-adalah/, diakses 3 Agustus 2023 19:00 WIB
Faizah, M., Ma’arif, I. B., & Romadhona, L. (2021). Pembelajaran Tajwid di TPQ Al-Hikmah Karangasem Berbasis Numbered Head Games. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat.1(2) 234-240
Gandico, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Pada Bahasa Akuntansi Pada Perusahaan Dagang.
Hamzah, A. (2019). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN (Research&Development) Uji produk Kuantitatif dan kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif (F. Munir (ed.)). Literasi Nusantara.
Ida Apriliyanti dan Khoirotul Izzah. (2021) Pendampingan Pembelajaran Praktik Wudhu dan Sholat padamasa pandemi COVID 19 di MI Hidayatul HusnaButuh Kras kediri. JPMD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa. 2(2). 319-339
Januszewski, A. (2008). Definition in a Januszewski & M. Molenda. Educational technology: A definition with commentary
Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif (R. Novitasari (ed.)). Refika Aditama.
Ma’arif, I. B., Afidah, N., Eviyanti, S., & Kholid, A. (2021). Drilling Method dalam Pendampingan Peragaan Gerakan dan Bacaan Sholat di TPQ Syafi’iyah Desa Mojokambang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(3). 125-135
Noviani.(2019). Pengembangan E-modul Berbasis HOTS (Hots Order Thinking Skills) Pada Materi Perusahaan Dagang Di Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pekanbaru.
Rusman, Deni Kurniawan, C. Ri. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru.Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, S. (2017).MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Wahyu, R. N. sa’adah. (2020). Metode Penelitian R&D (Research & Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif (A. R. Abdullah (ed.)). Literasi Nusantara.
Widodo, A. P. A. (2018). PenulisanKaryaTulisIlmiah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.