Pelatihan membaca al-quran dengan menggunakan metode ummi di TPQ Miftahul Ulum Krucil Probolinggo
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini fokus pada pendidikan Al Quran Metode Ummi di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Miftahul Ulum.Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan dan memfasilitasi mitra dalam belajar Al-Qur'an melalui Metode Ummi.Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum adanya metode khusus dalam pendidikan Al Quran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian akan melakukan pelatihan dan pendidikan metode pendidikan Al-Qur'an di TPQ Miftahul Ulum. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini meliputi persiapan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.Dengan menyelenggarakan pelatihan dan pendidikan pendidikan Al Qur'an dengan Metode Ummi, diharapkan metode ini dapat menjadi pendekatan permanen dalam pengajaran Al Qur'an kepada seluruh siswa di TPQ Miftahul Ulum.Selain itu, mereka dapat meningkatkan kualitas membaca Al Quran Quran dengan benar dan mahir.
References
Diana, D., Salasiah, S., & Fatah, M. A. (2019). Efektifitas Metode Al-Bayan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Bagi Anak. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2). https://doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2966
Fadlila Nur Rohma, S. (2020). KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DINI ANTARA METODE UMMI DENGAN METODE ANNAHDLIYAH DI TK SUKOREJO PONOROGO. Etheses, 14(1).
Faizah, E. N. (2020). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SD Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam.TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 1(1).
Hadinata, S. (2021).Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun Di Desa TenigaKecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utar.Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial Volume, 19(1).
Hodijatun Nahdah, Asikin, I., & Taja, N. (2022).STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AL-QUR’AN METODE UMMI MELALUI PROGRAM UPGRADING BACAAN AL-QUR’AN.Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.4314
Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.30
Mahrizki, F., Elfiadi, E., & Sari, D. D. (2022).Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Al-Manar Kec. Bukit Kab. Bener Meriah.JURNAL RAUDHAH, 10(2). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2039
Ramadhani, A. A., & Werdiningsih, W. (2022).Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Tahfidz di Panti Asuhan Tahfidzul Quran Yatim Piatu Muhammadiyah Belegondo-Ngariboyo-Magetan.MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01). https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3921
Rosyada, N. A., & Nursikin, M. (2022). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al- Qur ’ an Jam ’ iyyah RBQ ( Rumah Belajar Al- Qur ’ an ) Baitunnur Blora. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah, 1(8).
Saputra, R. R. (2018). ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN METODE UMMI DENGAN KEMAMPUAN BACA QUR’AN SISWA SDIT KHOIRU UMMAH LIWA. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i1.156
Siti Muhassonah Ihsan. (2018). No Title (Rumah Tahfidz (ed.); 1st ed.). 2018.
Suci, R. A., & Fajar, A. (2023).PENINGKATAN HAFALAN JUZ 30 MELALUI METODE UMMI DI PONDOK PESANTREN AR-ROUDOTUSSIBYAN.ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.47080/abdikarya.v5i1.2511
Sukron, O. (2020). Studi Komparatif Pelaksanaan Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an Melalui Metode Ummi dan Metode Iqro di Sekolah Menengah Kejuruan Cendikia Utama Desa Langseb Kecamatan Lebakwangi Kebupaten Kuningan.Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.27