Pelatihan pembuatan media flash card sebagai media literatif untuk pemercepatan keaksaraan bagi alumni pendidikan guru sekolah dasar FKIP Undana Kupang

Karus Maria Margareta, Marselus Robot, Hayon G. Nico, Karolus Budiman Jama, I Nyoman Reteg, Margaretha P. E. Djokaho, Dian Sari A. Pekuwali

Abstract

Latar belakang dilakukannya kegiatan PPM ini dikarenakan survei awal yang dilakukan Tim PPM Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menunjukkan kelas- kelas sekolah dasar termasuk ruang kuliah di lingkungan PGSD FKIP Undana tempat paraalumni menjalani perkuliahan, nyaris tanpa gambar, apalagi gambar-gambar literatif termasuk media flash card sebagai salah satu contoh media literatif yang ditempel atau digantung di dinding. Gambar satu-satunya hanya foto presiden dan wakil presiden. Itulah sebabnya, PPM ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan itu. PPM ini dilakukan dengan tujuan: (1) memberikan pemahaman yang komperhensif tentang pentingnya media literatif bagi upaya pemercepatan keaksaraan di kelas rendah/awal sekolah dasar; (2) melakukan pendampingan terhadap para alumni dalam membuat media flash card sebagai media literatif untuk pemercepatan keaksaraan. Seluruh kegiatan PPM yang diawali dengan kegiatan penyajian materi dan diikuti kegiatan pendampingan dalam pembuatan media literatif berjalan dengan baik dan berlangsung kondusif. Diharapkan agar materi publikasi dalam bentuk jurnal, mendapat apresiasi dari para alumni maupun guru-guru SD pada umumnya.


 

References

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410
Anisa, A. F. Y., & Attamimi, N. (2023). implementasi Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Alifah. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 2(2), 116–125.
Arnus, S. H. (2018). Literasi Media: Cerdas Dan Bijak Menikmati Konten Media Baru. E-Journal.Iainkendari.Ac.Id, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.
Auliah AS, S. O., Faisal, M., & Syamsiah D. (2024). Pengaruh Penggunaan Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas Dua di Kabupaten Majene. Phinisi Jurnal Of Education, 4(1), 100–109.
Cahyani, F. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I di SDN 2 Ngroto Pujon. 11–75.
Devega, E. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. Re. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. https://repositori.kemdikbud.go.id/40/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SD.pdf
Harosid, H. (2019). Peranan Kurikulum 2013 Revisi 2017. https://docplayer.info/57639039-Kurikulum-2013-revisi-2017-harun-harosid.html#google_vignette
Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(2), 108. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/30
Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073
Mauk, V., Kette, E. S. S., & Kolo, Y. D. R. (2018). Percepatan Keaksaraan ( Literacy Boost ) Bagi Guru di SDN Nunhala dan SDN Baki Sonbay Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara. 2(April), 32–38.
Robot, M., Margareta, K. M., Djahimo, S. E. ., Ande, A., Madu, A., Kette, E. S. S., Rimo, I. H. E., & Keon, Yohanes Fisher Mauritsius, D. (2019). Report : Survey on Violence againts Children and their Literation Ability of Elementary School Student in Kupang District, East Nusa Tenggara Province - A Basiline Study for School For Change Project (Joint Research between Save the Children and Nusa Cend.
Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061
Sukma, E., Indrawati, T., & Suriani, A. (2020). Penggunaan Media Literasi Kelas Awal di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 103. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107623
Urbaningrum, A. (2020). Mengapa Repetisi Penting dalam Pendidikan. https://www.suratdarianas.com/repetisi-adalah/
Zulfikar, F. (2024). 10 Negara Paling Buruk soal Pendidikan, Literasi Sangat Rendah. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7157001/10-negara-paling-buruk-soal-pendidikan-literasi-sangat-rendah

Authors

Karus Maria Margareta
karusmargareta@gmail.com (Primary Contact)
Marselus Robot
Hayon G. Nico
Karolus Budiman Jama
I Nyoman Reteg
Margaretha P. E. Djokaho
Dian Sari A. Pekuwali
Margareta, K. M., Robot, M. ., Nico, H. G. ., Jama, K. B. ., Reteg, I. N. ., Djokaho, M. P. E. ., & Pekuwali, D. S. A. . (2024). Pelatihan pembuatan media flash card sebagai media literatif untuk pemercepatan keaksaraan bagi alumni pendidikan guru sekolah dasar FKIP Undana Kupang. KHIDMAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.55210/khidmah.v4i1.353
Copyright and license info is not available

Article Details