Menumbuhkan nilai moderasi beragama melalui permainan tradisional congklak di TPQ Al-Junaid Gading Kulon

Jamila Vikamila, Dewi Ambar Wati Nengsih, Olivia Hilmi Fauziah, Liatul Maula Aulalia, Sufila Maula, Siti Munawaroh, Khusnul Khotimah, Izza Lailiya

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar kita bisa mengetahui bahwa permainan coklak bisa menjadi sarana untuk menumbuhkan sikap kejujuran serta sikap tanggung jawab yang besar. Metode yang dipakai untuk pengumpulan data ialah menggunakan metode kualitatif yakni dengan observasi atau pengamatan, menggabungkan analisis respons peserta terhadap permainan tradisional yang diintegrasikan dengan nilai-nilai agama, serta mengukur perubahan dalam pemahaman dan sikap mereka terhadap konsep-konsep agama sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tradisional dalam konteks pendidikan agama di TPQ Al-Junaid memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman peserta terhadap ajaran agama dan mempromosikan sikap moderasi beragama. Selain itu, analisis data kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan sikap moderasi beragama setelah partisipasi dalam program ini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum dan metode pengajaran di TPQ Al-Junaid dan lembaga serupa lainnya, serta menyoroti pentingnya memanfaatkan budaya lokal dalam konteks pendidikan agama.

References

Alianwar. 2016. Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Jurnal Al-Ta’dib. Vol 9. No 1. Hal 28.
Fadilah, S. N. 2019. Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol 11.
Harbiyah, Armi. 2022. Permainan Tradisional Congklak Untuk Mengembangkan Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Taman Pena. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 11. No 10. Hal 2095-2107.
Jais, Muhammad dkk. 2022. Permainan Congklak Sebagai Media Peningkatan Karakter Jujur Pada Anak Laki-Laki Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 6. No 2. Hal 10951-10958.
Maryuni, A., & Sunaryo, I. 2014. Mengembangkan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional congklak pada anak kelompok B di tk aisyiyah 16 ngringo jaten karanganyar Tahun ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Masliyana. 2023. Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini. Borneo Early Chilldhood Education and Humanity Journal. Vol 2. No 1. Hal 42.
Rosyida, Nurul Anwar. 2021. Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Wayan Sunando Guatama, dkk. 2023. “Pengembangan Congdanbud Untuk Pengenalan Dasar-Dasar Agama Sebagai Sarana Belajar Penunjang Minngu Buddhis” Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung. Vol 7. No. 1

Authors

Jamila Vikamila
vikajamilah6@gmail.com (Primary Contact)
Dewi Ambar Wati Nengsih
Olivia Hilmi Fauziah
Liatul Maula Aulalia
Sufila Maula
Siti Munawaroh
Khusnul Khotimah
Izza Lailiya
Jamila Vikamila, Dewi Ambar Wati Nengsih, Olivia Hilmi Fauziah, Liatul Maula Aulalia, Sufila Maula, Siti Munawaroh, Khusnul Khotimah, & Izza Lailiya. (2024). Menumbuhkan nilai moderasi beragama melalui permainan tradisional congklak di TPQ Al-Junaid Gading Kulon. KHIDMAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 30–36. https://doi.org/10.55210/khidmah.v4i1.379
Copyright and license info is not available

Article Details