Membangun nilai-nilai moderasi beragama sejak dini melalui edukasi keagamaan di Desa Ketompen Kecamatan Pajarakan

Ahmad Muzakki, Ahmad Zakaria, Muhammad Zaenal Arifin

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran edukasi keagamaan dalam membentuk nilai-nilai moderasi beragama sejak dini. Dengan semakin kompleksnya tantangan dan dinamika sosial di era modern, pentingnya pendidikan keagamaan dalam merespons radikalisme dan intoleransi menjadi semakin menonjol. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan metode dalam mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum pendidikan keagamaan, khususnya pada tahap dini atau masa perkembangan awal anak. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis konten, penelitian ini menyelidiki teori-teori psikologi perkembangan, prinsip-prinsip pendidikan agama, serta praktik terbaik dalam mendidik anak-anak tentang moderasi beragama. Temuan penelitian mengidentifikasi bahwa pendidikan keagamaan yang holistik dan inklusif, yang mencakup pemahaman tentang nilai-nilai universal, dialog antaragama, serta pengembangan keterampilan sosial dan emosional, dapat menjadi landasan efektif dalam membentuk sikap moderat terhadap agama sejak usia dini. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi untuk penyusunan kurikulum pendidikan keagamaan yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kemampuan pemecahan masalah, serta pentingnya peran orang tua dan komunitas dalam mendukung proses pendidikan keagamaan yang holistik. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang upaya pembentukan sikap moderat terhadap agama sejak dini sebagai bagian dari strategi pencegahan radikalisme dan intoleransi di masyarakat.

References

Aziz, A, and A Rifkia. 2023. “Urgensi Keseimbangan Ilmu Pengetahuan & Pendidikan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Dusun Krajan Desa Wangkal Kecamatan Gading” BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://www.lp3mzh.id/index.php/bahtsuna/article/view/202.
Haris, M, N Ahid, and M Ridhowan. 2022. “Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Terhadap Santri Kelas 3 SMP Di Asrama Al Maliki Pondok Pesantren” Jurnal Pengabdian. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jpmb/article/view/618.
Mustoip, S, and M I Al Ghozali. 2022. “Mewujudkan Potensi Desa Gintungranjeng Melalui Pendekatan Asset-Based Community Development.” Inisiatif: Jurnal Dedikasi …. https://journal.nahnuinisiatif.com/index.php/Inisiatif/article/view/90.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348.
Syarnubi, Syarnubi. "Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam dan Problematikanya: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN-SUKA Yogyakarta." Tadrib 2.1 (2016): 151-178.
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5.1 (2019): 87-103.
Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1.1 (2019): 21-40.
Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, and Akmal Hawi. "Implementing Character Education in Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 77-94.
Umar, Mardan. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. 19(1):101-111.

Authors

Ahmad Muzakki
muzakkipasca@gmail.com (Primary Contact)
Ahmad Zakaria
Muhammad Zaenal Arifin
Ahmad Muzakki, Ahmad Zakaria, & Muhammad Zaenal Arifin. (2024). Membangun nilai-nilai moderasi beragama sejak dini melalui edukasi keagamaan di Desa Ketompen Kecamatan Pajarakan. KHIDMAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 37–41. https://doi.org/10.55210/khidmah.v4i1.381
Copyright and license info is not available

Article Details