Pendampingan masyarakat dalam penerapan produk pembiayaan murabahah sebagai solusi ekonomi berbasis syariah di BMT Maslahah Kotaanyar
Abstract
Penelitian kualitatif ini menganalisis secara mendalam peluang dan tantangan dalam pengembangan produk pembiayaan murabahah di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT menghadapi persaingan yang ketat, persepsi masyarakat yang kurang positif terkait kualitas pelayanan dan produk, serta minimnya pengetahuan masyarakat tentang prinsip kerja BMT. Namun demikian, potensi pertumbuhan pasar yang besar, terutama di wilayah sekitar, serta kemudahan akses ke lokasi BMT menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara spesifik peluang dan tantangan yang dihadapi BMT Maslahah Cabang Kotaanyar dalam mengembangkan produk pembiayaan murabahah, serta merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar di wilayah tersebut. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi BMT Maslahah untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar.
References
Agustin, A. (2021). Peran Pembiayaan Mudharabah dalam Meningkatkan usaha Nasabah ( Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan ). Tesis.
Amelia, S. S., & Iswadi. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT Tunas Jaya. Technomedia Journal, 8(3). https://doi.org/10.33050/tmj.v8i3.2087
Aysa, I. R. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2). https://doi.org/10.33367/at.v2i2.1337
Diah, M., & Zulhamdi, Z. (2022). Implementasi Murabahah Pada Perbankan Syariah. Al-Hiwalah : Journal Syariah Economic Law, 1(1). https://doi.org/10.47766/alhiwalah.v1i1.875
Febriana, A. N. A., Rolina, D. A., Sukmawati, I. A., & Sujianto, A. E. (2023). Analisis Pada Force Majeure Dalam Akad Murabahah Dan Dampak Implementasi Pada Lembaga Keuangan Syariah. Journal of Creative Student Research, 1(3).
Husnani, D., Makkiyah, Z., & Billah, Z. I. (2022). Penerapan Strategi Relationship Marketing dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada BMT Maslahah Capem Gending. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.
Ibrahim, N. S. (2022). Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Revlon Di Matahari Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4).
Islami, A. (2021). Analisis Jaminan Dalam Akad-Akad Bagi Hasil (Akad Mudharabah dan Akad Musyarakah) Di Perbankan Syariah. JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH, 4(1). https://doi.org/10.30595/jhes.v4i1.9903
Lupiyoadi. (2021). Manajemen Pemasaran. In Yayasan Kita Menulis.
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.
Moleong, J. L. (2020). metodologi penelitian kualitatif J lexy Moleong. Jurnal Ilmiah.
Nasution, S. F. (2021). Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah di Indonesia. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1). https://doi.org/10.30829/ajei.v6i1.7767
Niswatun, N., & Susilo, E. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, LITERASI KEUANGAN SYARIAH, DAN SHARIAH GOVERNANCE, TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH. AL HUKMU: Journal of Islamic Law and Economics. https://doi.org/10.54090/hukmu.74
Nugraha, D., Putra, G., & Raharjo, S. T. (2021). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Loyalitas Pengguna Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Grab di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6).
Pandapotan, P., & Soemitra, Andri. (2022). Studi Literature Strategi BMT Dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid . El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(3). https://doi.org/10.47467/elmal.v3i3.941
PRAKOSO, FIRZA AGUNG, and R. A. R. (2024). Strategi Baitul Maal Wa Tamwil Akad Kerjasama Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.". Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(1), 24–28.
Putri, D. A., Ceicillia, S., Rizky, G. A., & Farida, S. N. (2022). IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT (STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, AND THREAT) DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA PT ADIB GLOBAL FOOD SUPPLIES SURABAYA. Jurnal Bisnis Indonesia, 13(1). https://doi.org/10.33005/jbi.v13i1.3079
Sari, E., Meriyati, M., & Aravik, H. (2021). ANALISIS SWOT TERHADAP PEMBIAYAAN PRODUK MULTIJASA DI PT. BPRS AL-FALAH BANYUASIN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(2). https://doi.org/10.36908/jimpa.v1i2.25
Satar, M., & Musmulyadi, S. 2. (2022). Jurnal Mirai Management Sistem Kegiatan Pemasaran dalam Perspektif Etika Ekonomi Islam. Jurnal Mirai Management, 7(2).
Seltina, I., Deinsyah, P., & Rohani, S. (2023). Digitalisasi Ekonomi Syariah. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7). https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.413
Sri Anugerah Natalina, & Arif Zunaidi. (2021). MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PERBANKAN SYARIAH. WADIAH, 5(1). https://doi.org/10.30762/wadiah.v5i1.3178
Tektona, R. I., & Risma, Q. (2020). Penerapan Prinsip Character Dalam Pelaksanaan Prinsip Kehati-hatian pada Analisis Pemberian Kredit Usaha Mikro. Batulis Civil Law Review, 1(1). https://doi.org/10.47268/ballrev.v1i1.420