Penguatan pembelajaran STEAM menggunakan ragam material lepasan bagi pendidik PAUD
Abstract
RA Al Asror merupakan satuan pendidikan jenjang PAUD yang berdiri pada tahun 2020 dan hingga tahun 2025 terus menunjukkan perkembangan dalam meningkatkan mutu layanan agar sejajar dengan lembaga pendidikan lainnya. Layanan pendidikan anak usia dini memerlukan perencanaan yang terstruktur dan terukur guna memastikan pencapaian perkembangan anak sesuai standar usia. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi pendidik dalam menerapkan pembelajaran STEAM menggunakan beragam material lepasan serta meningkatkan kemampuan manajemen pendidik dalam memvariasikan penggunaannya. Tujuan kegiatan ini selaras dengan SDG’s, khususnya pada aspek pendidikan berkualitas dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kolaboratif-partisipatif, yang melibatkan interaksi aktif antara tim pelaksana dan mitra melalui lima tahapan: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan keberlanjutan program. Evaluasi dilakukan melalui observasi pembelajaran, wawancara reflektif, serta angket penilaian diri untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan pendidik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan pendidik RA Al Asror dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengelola pembelajaran STEAM berbasis material lepasan. Selain itu, kegiatan ini menghasilkan modul pelatihan dan inventaris material lepasan sebagai dukungan keberlanjutan program.
References
Amalia, D., Sutarto, J., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Steam-based distance learning on early childhood education centers in Central Java.
Amalia, D., Sutarto, J., & Pranoto, Y. K. S. (2021, December 28). The effect of STEAM loading distance learning on creative character and independence. ThufuLA, 9(2), 221.
Amalia, D., Sutarto, J., & Pranoto, Y. K. S. (2021, August 28). Pengaruh pembelajaran jarak jauh bermuatan STEAM terhadap karakter kreatif dan kemandirian. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233–1246.
Isnariyati. (2024). Implementasi pendekatan STEAM melalui penggunaan loose parts untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 1558–1569. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.6200
Model Pengelolaan Loose Parts AUD (2020). Panduan pengelolaan loose parts untuk anak usia dini [PDF].
Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi metode pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504.
Ngili, A. E. (2024, April 17). Implementasi pembelajaran STEAM dalam mengembangkan keterampilan abad 21 pada anak usia dini. JJB, 12(1), 43–51.
Nipriansyah, R., Suhairi, S., & Neli, Y. (2023). Penerapan pembelajaran STEAM berbasis loose parts terhadap kreativitas anak. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 540–548. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.7262
Nurjanah, S., & Muthmainah, M. (2023, June 28). Pengaruh media loose part terhadap kreativitas dan motorik halus anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519–3536.
Pratiwi, P. A. I., Ujianti, N. M. P., & Setyowahyudi, R. (2024). Penerapan model pembelajaran STEAM berbasis loose parts untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi anak kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1), 43–52. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/69447
Rachmah, L. L., Farantika, D., & Prawinda, R. A. (2022, July 31). Pembelajaran STEAM dengan media loose parts guna menstimulasi perkembangan anak. Riset Konseptual, 6(3), 466.
Rohmah, N., Tasuah, N., Medilianasari, R., Formen, A., Widiasmara, L., Fi’atunnajiha, Z., et al. (2023). Penguatan kemampuan literasi, numerasi, dan kreasi bagi pendidik RA berbahan loose parts.
Sa’ida, N. (2021, June 30). Implementasi model pembelajaran STEAM pada pembelajaran daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(2), 123–128.
Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021, February 25). Penerapan media loose part untuk kreativitas anak usia 5–6 tahun. KID JPIAUD, 2(1), 40–52.
Salma, S., Utami Putri, S., & Nikawanti, G. (2023, August 29). Penerapan pembelajaran STEAM menggunakan media berbasis loose parts untuk meningkatkan kreativitas anak. Pelita PAUD, 8(1), 1–13.
Sipahutar, O. C. (2023). Pemanfaatan permainan loose part pada anak usia dini, 2.
Suraya, L., Rini, R. Y., & Ayuningtyas, V. (2024). Implementasi loose part dalam pengenalan bentuk bilangan 1–10 pada anak usia dini di PAUD Taam Iqra, 2.
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019, November 28). Efek metode STEAM pada kreativitas anak usia 5–6 tahun. Jurnal Obsesi, 4(1), 305.
Yanti, S. (2022, June 16). Pemanfaatan loose parts pada pendidikan anak usia dini. JGK, 6(3), 189.