Pengaruh Pembiasaan Membaca Juz Amma Terhadap Emotional Quotients Siswa Kelas IV Tanwirul Mubtadi’in

Firdaus Ainul Yaqin, Dewi Wihayuning Hikmah

Abstract

Abstract


Pentingnya arti pembiasaan serta pengajaran agama, dimana pendidikan agama biasanya diartikan sebagai pendidikan yang materi bahasanya berkaitan dengan keimanan, ketakwaan, akhlak dan ibadah kepada Allah. Al-quran menyampaikan kebenaran melalui pintu rasio karena rasio adalah kelengkapan hidup manusia yang sangat penting. Juz ketiga puluh atau juz amma yang terakhir dari mushaf Al-quran memuat 37 surah yang pada umumnya memuat surah-surah pendek. surah-surah pendek itu mengandung keterangan yang amat mendalam, membicarakan pokok-pokok keimanan seperti: makna kehidupan. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang mengelola perasaan dirinya supaya lebih baik serta kemampuan membina hubungan sosialnya. Dalam hal ini kemampuan para siswa untuk mengenali perasaan diri antara siswa satu dengan yang lain, kemampuan pesrta didik untuk memotivasi diri sendiri, mengenali emosi diri, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan membaca juz amma terhadap kecerdasan emosional atau juga disebut dengan emotional quotients siswa MI Tanwirul Mubtadiin. Pendekatan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampelnya menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaannya berjalan dengan baik. Terdapat Pengaruh dari pembiasaan membaca juz amma sebelum pembelajaran di MI Tanwirul Mubtadiin terhadap kecerdasan emosional disimpulkan terdapat  pengaruh positif. Dengan dilakukannya pembiasaan membaca juz amma sebelum pembelajaran di MI Tanwirul Mubtadiin terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV disimpulkan terdapat  pengaruh positif. Kecerdasan emosional (EQ) siswa kelas IV termasuk kategori tinggi hal ini dibuktikan dengan skor 20,73.


 


Kata kunci : pembiasaan, juz amma, kecerdasan emosional (emotional quotiens)

Authors

Firdaus Ainul Yaqin
firdaus@gmail.com (Primary Contact)
Dewi Wihayuning Hikmah
Yaqin, F. A. ., & Hikmah, D. W. . (2022). Pengaruh Pembiasaan Membaca Juz Amma Terhadap Emotional Quotients Siswa Kelas IV Tanwirul Mubtadi’in. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v4i1.111
Copyright and license info is not available

Article Details