PENERAPAN SENI TARI  DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR  ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB ZAINUL HASAN TAMBELANG KRUCIL PROBOLINGGO  

Terza Travelancya

Abstract

 



  1. Abstrak


Kegiatan fisik dan pelepasan energi dalam jumlah besar merupakan karakteristik aktivitas anak pada masa ini. Oleh sebab itu anak memerlukan penyaluran aktifitas fisik, baik kegiatan fisik yang berkaitan dengan2 gerakan motorik kasar maupun gerakan motorik halus dengan tepat. Untuk mengembangkan pola-pola gerak anak sebaiknya dilakukan melalui aktivitas-aktivitas seperti menari, permainan, olahraga dan senam. Aktivitas-aktivitas tersebut merupakan ke dalam pengembangan gerak motorik kasar. Motorik kasar anak adalah gerakan tubuh yang menggunakan otototot besar dan seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Motorik kasar ini merupakan bagian dari aktivitas atau keterlampilan dari otot-otot besar. Sehingga dengan bertambahnya usia anak, maka kematangan syaraf dan otot anak berkembang pula. Salah satu cara dalam mengembangkan kecerdasan motorik kasar adalah melalui seni tari. Seni tari merupakan salah satu warisan kebudayaan indonesia yang harus dikembangkan dan dilestarikan secara selaras dengan masyarakat yang selalu mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan seni tari  dalam mengembangan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di KB ZAHA tambelang Krucil Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata atau kalimat, dengan subjek penelitian adalah siswa KB ZAHA yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.


Kata Kunci: Seni Tari, Motorik Kasar

Authors

Terza Travelancya
terza_travelancha@yahoo.com (Primary Contact)
Travelancya, T. . . (2022). PENERAPAN SENI TARI  DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR  ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB ZAINUL HASAN TAMBELANG KRUCIL PROBOLINGGO  . BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(2), 205–216. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v4i2.131
Copyright and license info is not available

Article Details