Media pembelajaran interaktif menggunakan canva pada mata pelajaran fiqih kelas ix di MTS Nurul Wahid Alwahyuni Sumberan Besuk Probolinggo

M. Mahbubi, Muhammad 'Affan Haydar, Ach. Baihaqi Kamal, Moh. Abdullah Kafa Bihi, Ahmad Ainul Yaqin, Ahmad Zaini Ade Rahmatullah, Ali Maksum, Misbahul Munir, Aden Bagus Rahmat, Muhammad Robi Tobibi

Abstract

Dalam proses perkembangan peserta didik hal yang paling berpengaruh yaitu tentang minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik, namun banyak juga para orang tua dan guru kurang memahami dalam tahap perkembangan anak, akibatnya yaitu pendidikan yang diterapkan oleh mereka idak sesuai dengan usia. Tujuan riset ini untuk memberi pemahaman mendalam tentang teori psikologi perkembangan yang harus dipahami dan di terapkan dalam mendidik anak sesuai dengan taraf masing-masing. Metode yang digunakan metode kepustakaan, pendekatan kualitatif yang diambil dari buku “Teori dan Aplikasi Psikologi Perkembangan” karya dari Hastuti Marlina, serta data pendukung dari jurnal yang berkaitan dengan psikologi perkembangan. Hasil dari penelitian bahwa ilmu psikologi perkembangan merupakan cabang dari psikologi yang membahas karakteristik setiap individual dan telah ada sejak zaman Arab klasik, Istilah “psikologi” memiliki akar kata dari bahasa Yunani, yaitu “psyche” yang berarti jiwa, dan “logos” yang berarti ilmu. dalam psikologi perkembangan membahas lebih intens tentang perkembangan individual dari aspek psikologi. setiap individu pasti akan mengalami fase perkembangan dalam hidup dengan rentan waktu yang berbeda-beda mulai dari bayi, kanak-kanak hingga masa tua.

References

Alexandromeo, Apa itu Canva? Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya (Lengkap), https://makinrajin.com/blog/canva-adalah/, diakses 3 Agustus 2023 19:00 WIB
Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta. 2012.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2016.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.
Basyar, M. K. Pengembangan Pembelajaran Pai Model Addie Di Smp Insan Cendekia Mendiri Boarding School, Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 44–57. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033. 2020.
Hamzah, A. Metode Penelitian & Pengembangan (Research &Development) Uji produk Kuantitatif dan kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif (F. Munir (ed.)). Literasi Nusantara. (2019).
Gandico, P. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Pada Bahasa Akuntansi Pada Perusahaan Dagang. (2016).
Komara, E. Belajar dan Pembelajaran Interaktif (R. Novitasari (ed.)). Refika Aditama. (2014).
Mannuhung, Suparman, dan Andi Mattingaragau Tenrigau, “Manajemen Pengelolaan Masjid Dan Remaja Masjid Di Kota Palopo”, To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.1 (2018)
Mirwan, Mirwan, “Efektivitas Pengelolaan Masjid”, J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 2.1 (2021)
Nasikin, Moh, ‘Memakmurkan Masjid Melalui Gerakan Shalat Berjama’ah Di Desa Parampuan Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat’, El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA. 2017
Nur Malawati dkk, ‘Peran Masjid Imadudding Jl. Sabang No. 17 Bandung Dalam Pembinaan Masyarakat’, Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication. 2022
Noviani. Pengembangan E-modul Berbasis HOTS (Hots Order Thinking Skills) Pada Materi Perusahaan Dagang Di Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pekanbaru. 2019
Rusman, Deni Kurniawan, C. Ri. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Raja Grafindo Persada. 2013
Setyorini, Noni, and Qristin Violinda, ‘Pengelolaan Dan Pengembangan Aset Masjid Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Ibadah’, JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat). 2021
Sugihartini, Nyoman. Strategi Pembelajaran (Pendekatan pembelajaran inovatif disertai dengan Aplikasi Pembelajaran Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi). Singaraja: Undiksha Press. 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Bandung: Alfabeta. 2019.
Trisiana dan Wartoyo. Desain pengembangan model pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan melalui addie model untuk meningkatkan Karakter mahasiswa di universitas slamet riyadi Surakarta. Jurnal http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php /progresif/article/download/9728/71 82. 2016.
Yamin, Muh., ‘Pembinaan Literasi Anak Berbasis Masjid Di Desa Buntu Batu’, Room of Civil Society Development, 2023.

Authors

M. Mahbubi
mahbubi@unuja.ac.id (Primary Contact)
Muhammad 'Affan Haydar
Ach. Baihaqi Kamal
Moh. Abdullah Kafa Bihi
Ahmad Ainul Yaqin
Ahmad Zaini Ade Rahmatullah
Ali Maksum
Misbahul Munir
Aden Bagus Rahmat
Muhammad Robi Tobibi
Mahbubi, M., Haydar, M. ’Affan ., Kamal, A. B., Bihi, M. A. K. ., Yaqin, A. A. ., Rahmatullah, A. Z. A. ., Maksum, A. ., Munir, M. ., Rahmat, A. B. ., & Tobibi, M. R. . (2023). Media pembelajaran interaktif menggunakan canva pada mata pelajaran fiqih kelas ix di MTS Nurul Wahid Alwahyuni Sumberan Besuk Probolinggo. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 100–107. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.249
Copyright and license info is not available

Article Details