Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTS Nurul Wahid Alwahyuni Sumberan Besuk Probolinggo

M. Mahbubi, Muhammad 'Affan Haydar, Ach. Baihaqi Kamal, Moh. Abdullah Kafa Bihi, Ahmad Ainul Yaqin, Ahmad Zaini Ade Rahmatullah, Ali Maksum, Misbahul Munir, Aden Bagus Rahmat, Muhammad Robi Tobibi

Abstract

Media pembelajaran bersifat interaktif dan menyenangkan dapat dilakukan terhadap mata pelajaran teori, sehingga peserta didik dapat memahami dan meningkatkan hasil belajar.


Canva adalah sebuah platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang lebih mudah dan cepat daripada software grafis lainnya.


Dari hasil observasi yang dilakukan di MTS Nurul Wahid Alwahyuni juga dari diskusi dengan guru mata pelajaran fiqih, media yang sering digunakan dalam pembelajaran yakni masih menggunakan metode ceramah, dalam hal ini membuat dari beberapa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran khusunya pada bab qurban,  siswa masih kurang paham mengenai materi qurban dikarenakan tingkat pemahaman peserta didik yang berbeda -beda, dikarenakan dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakan metode ceramah yang dimana itu merupakan teacher based learning. hal tersebut tak jarang membuat siswa mengalami kesulitan dalam pemahan materi pembelajaran.


Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian dengan mengembangkan media peembelajaran interaktif menggunakan canva. Peneliti menggunakan media pembelajaran tersebut karena sangat efektif untuk dilakukan penelitian di MTS Nurul Wahid Alwahyuni.


Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang dimulai dari tahap analisis (analysis), untuk mengidentifikasi kebutuhan, dilanjutkan ke tahap desain (design) yang menghasilkan story board, tahap ketiga adalah tahap pengembangan (development) yang dilakukan untuk memvalidasi media, dilanjutkan dengan tahap implementasi (implementation secara proporsional random sampling, dan dilanjutkan dengan evaluasi (evaluation) yang dilakukan untuk analisis data

References


Alexandromeo, Apa itu Canva? Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya (Lengkap), https://makinrajin.com/blog/canva-adalah/, diakses 3 Agustus 2023 19:00 WIB
Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta. 2012.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2016.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.
Basyar, M. K. Pengembangan Pembelajaran Pai Model Addie Di Smp Insan Cendekia Mendiri Boarding School, Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 44–57. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033. 2020.
Hamzah, A. Metode Penelitian & Pengembangan (Research &Development) Uji produk Kuantitatif dan kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif (F. Munir (ed.)). Literasi Nusantara. (2019).
Gandico, P. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Pada Bahasa Akuntansi Pada Perusahaan Dagang. (2016).
Komara, E. Belajar dan Pembelajaran Interaktif (R. Novitasari (ed.)). Refika Aditama. (2014).
Mannuhung, Suparman, dan Andi Mattingaragau Tenrigau, “Manajemen Pengelolaan Masjid Dan Remaja Masjid Di Kota Palopo”, To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.1 (2018)
Mirwan, Mirwan, “Efektivitas Pengelolaan Masjid”, J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 2.1 (2021)
Nasikin, Moh, ‘Memakmurkan Masjid Melalui Gerakan Shalat Berjama’ah Di Desa Parampuan Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat’, El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA. 2017
Nur Malawati dkk, ‘Peran Masjid Imadudding Jl. Sabang No. 17 Bandung Dalam Pembinaan Masyarakat’, Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication. 2022
Noviani. Pengembangan E-modul Berbasis HOTS (Hots Order Thinking Skills) Pada Materi Perusahaan Dagang Di Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pekanbaru. 2019
Rusman, Deni Kurniawan, C. Ri. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Raja Grafindo Persada. 2013
Setyorini, Noni, and Qristin Violinda, ‘Pengelolaan Dan Pengembangan Aset Masjid Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Ibadah’, JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat). 2021
Sugihartini, Nyoman. Strategi Pembelajaran (Pendekatan pembelajaran inovatif disertai dengan Aplikasi Pembelajaran Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi). Singaraja: Undiksha Press. 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Bandung: Alfabeta. 2019.
Trisiana dan Wartoyo. Desain pengembangan model pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan melalui addie model untuk meningkatkan Karakter mahasiswa di universitas slamet riyadi Surakarta. Jurnal http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php /progresif/article/download/9728/71 82. 2016.
Yamin, Muh., ‘Pembinaan Literasi Anak Berbasis Masjid Di Desa Buntu Batu’, Room of Civil Society Development,2023.

Authors

M. Mahbubi
mahbubi@unuja.ac.id (Primary Contact)
Muhammad 'Affan Haydar
Ach. Baihaqi Kamal
Moh. Abdullah Kafa Bihi
Ahmad Ainul Yaqin
Ahmad Zaini Ade Rahmatullah
Ali Maksum
Misbahul Munir
Aden Bagus Rahmat
Muhammad Robi Tobibi
Mahbubi, M., Haydar, M. ’Affan ., Kamal, A. B., Bihi, M. A. K. ., Yaqin, A. A. ., Rahmatullah, A. Z. A. ., Maksum, A. ., Munir, M. ., Rahmat, A. B. ., & Tobibi, M. R. . (2023). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTS Nurul Wahid Alwahyuni Sumberan Besuk Probolinggo. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 120–129. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.249
Copyright and license info is not available

Article Details