Sejarah pengertian psikologi perkembangan dan teori perkembangan anak

Elok Ummairoh, Alfiatul Azhariyah , Endah Triwusudaningsih

Abstract

Dalam proses perkembangan peserta didik hal yang paling berpengaruh yaitu tentang minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik, namun banyak juga para orang tua dan guru kurang memahami dalam tahap perkembangan anak, akibatnya yaitu pendidikan yang diterapkan oleh mereka idak sesuai dengan usia. Tujuan riset ini untuk memberi pemahaman mendalam tentang teori psikologi perkembangan yang harus dipahami dan di terapkan dalam mendidik anak sesuai dengan taraf masing-masing. Metode yang digunakan metode kepustakaan, pendekatan kualitatif yang diambil dari buku “Teori dan Aplikasi Psikologi Perkembangan” karya dari Hastuti Marlina, serta data pendukung dari jurnal yang berkaitan dengan psikologi perkembangan. Hasil dari penelitian bahwa ilmu psikologi perkembangan merupakan cabang dari psikologi yang membahas karakteristik setiap individual dan telah ada sejak zaman Arab klasik, Istilah “psikologi” memiliki akar kata dari bahasa Yunani, yaitu “psyche” yang berarti jiwa, dan “logos” yang berarti ilmu. dalam psikologi perkembangan membahas lebih intens tentang perkembangan individual dari aspek psikologi. setiap individu pasti akan mengalami fase perkembangan dalam hidup dengan rentan waktu yang berbeda-beda mulai dari bayi, kanak-kanak hingga masa tua.

References

Adhiatma, Widhi, and Laurentius Purbo Christianto, Suara Psikologi: Untuk Insan Indonesia (Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta, 2019)
Amseke, Fredericksen Victoranto, Ratna Wahyu Wulandari, Liah Rosdiani Nasution, Eka Selvi Handayani, Ns Ria Setia Sari, M Kep, and others, Teori Dan Aplikasi Psikologi Perkembangan (Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021)
Asfiyah, Wardatul, and Lailul Ilham, ‘Urgensi Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Hadist Dan Psikologi Perkembangan’, Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16.1 (2019), 1–20
Departemen Agama, 2018. Al Qur'anul Karim dan Terjemahnya, Surabaya: Nur Ilmi.
Etnawati, Susanti, ‘Teori Vygotsky Tentang Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan, 22.2 (2021)
Hafizallah, Yandi, and Sadam Husin, ‘PSIKOLOGI ISLAM: Sejarah, Tokoh, Dan Masa Depan’, Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 1.1 (2019), 1–19
Hildayani, Rini, and S Psi, ‘Perkembangan Manusia’, Psikologi Perkembangan Anak, 2014
Ilhami, Akmillah, ‘Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia’, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.2 (2022), 605–19
Izzaty, Rita Eka, ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak’, Jurnal Pendidikan Karakter, 1.1 (2012), 1–9
Jahja, Yudrik, Psikologi Perkembangan (Kencana, 2011)
Khatibah, Khatibah, ‘Penelitian Kepustakaan’, Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 5.01 (2011), 36–39
Khaulani, Fatma, S Neviyarni, and Irdamurni Irdamurni, ‘Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.1 (2020), 51–59
Kholik, Ahmad Nur, ‘Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum Abad 21’, As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8.1 (2019), 65–86
Khusni, Moh Faishol, ‘Fase Perkembangan Anak Dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam’, Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2.2 (2018), 361–82
Marlina, Hastuti, ‘Teori Dan Aplikasi Psikologi Perkembangan’, Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021
Marwoko, Gatot, ‘Psikologi Perkembangan Masa Remaja’, Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26.1 (2019), 60–75
Mayar, Farida, ‘Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa’, Al-Ta Lim Journal, 20.3 (2013), 459–64
Neina, Qurrota Ayu, ‘Dongeng Abad 21: Modernisasi Sastra Anak Berbasis Psikologi Perkembangan’, Jurnal Sastra Indonesia, 7.3 (2018), 202–11
Nurhayati, Tati, ‘Implementasi Konsep Psikologi Perkembangan Dalam Interaksi Sosial’, Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4.2 (2016)
Putri, Alifia Fernanda, ‘Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya’, SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3.2 (2019), 35–40
Rahmawati, Heny Kristiana, Sri Wahyuni Djoko, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, Wibby Aldryani, Dina Ervina, Miskiyah Miskiyah, and others, ‘Psikologi Perkembangan’, 2022
Septiani, Dinda, and Itto Nesyia Nasution, ‘Peran Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Bagi Perkembangan Kecerdasan Moral Anak’, Jurnal Psikologi, 13.2 (2018), 120
Sukatin, Qomariyyah Yolanda Horin, Alda Afrilianti Alivia, and Rosa Bella, ‘Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini’, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6.2 (2020), 156–71
Suparmin, Mamin, ‘Makna Psikologi Perkembangan Peserta Didik’, Jurnal Ilmiah Spirit. ISSN, 2010, 1411–8319
Ulfa, Mutia, ‘Peran Keluarga Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini’, Aulad: Journal on Early Childhood, 3.1 (2020), 20–28
Wijaya, Rafi Bagus Adi, ‘Konsep Diri Pada Masa Dewasa Awal Yang Mengalami Maladaptive Daydreaming’, Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 12.2 (2021), 179–93

Authors

Elok Ummairoh
Alfiatul Azhariyah
Alfiatulazhariyah132@gmail.com (Primary Contact)
Endah Triwusudaningsih
Author Biography

Alfiatul Azhariyah , Universitas Islam Negeri Maliki Malang

  •  
Ummairoh, E., Azhariyah , A., & Triwusudaningsih, E. . (2023). Sejarah pengertian psikologi perkembangan dan teori perkembangan anak. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 91–99. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.296
Copyright and license info is not available

Article Details

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.