Tantangan dunia pendidikan islam dan implikasinya terhadap perubahan kebijakan

Sollah Solehudin

Abstract

Era globalisasi yang penuh dengan tantangan merupakan periode yang tidak dapat kita hindari. Pendidikan Islam harus mampu menjawab tantangan tersebut denganmerubah arah dan orientasi pendidikan. Inovasi pembelajaran pendidikan Islam dalam era globalisasi dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis ICT Selain itu, model pendidikan Islam/studi Islam berupa, integrasi pengetahuan, studi Islam dan disiplin ilmu lain, dan gelar ganda; disiplin ilmu lain dan studi Islam merupakan bentuk inovasi dalam menjawab tantangan dunia pendidikan. Untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan seperti Era Globalisasi, otonomi luas pendidikan menjadi jawaban dalam rangka meminimalisir atau menghilangkan tantangan dunia pendidikan yang dihadapi serta sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri.Era globalisasi ini juga merupakan suatu kondisi yang memperlihatkan bahwa dunia ini sudah semakin mengecil. Azhari menyebutnya dengan istilah dunia yang satu tempat yang tunggal tanpa batas. Globalisasi ini memungkinkan menjadi sebuah proses interaktif yang memunculkan suatu kebudayaan atau peradaban universal, dengan demikian kemajuan dan keterbelakangan suatu Negara menjadi transparan.

References

Afif, N., & Fauzi, A. (2022). Hubungan kecerdasan emosional dan perilaku sosial dengan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran. Paradigma, 19(1), 40-54.
Arwani, A., Salenussa, S., Rahayu, N. W. I., Faiz, M. F., Cakranegara, P. A., Aziz, A., & Andiyan, A. (2022). The development of economic potential of people in pandemic through earning Zakat distribution. International Journal of Professional Business Review, 7(2), e0414-e0414.
Asiah, S., Habibah, R., Asrizal, A., & Fauzi, A. (2023). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Abad 21 Siswa. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(9), 1-10.
Azhari, Azril. 2000.‘’ Dampak Globalisasi Di Pendidikan Tinggi Untuk Mengantisipasi Tahun 2020 ’’ Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Tahun Ke 06 No. 023, Mei
Djat,I Sidi Indra. 2002. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Radar Jaya Offset
Fattah,Nanang. 2013. Analisis Kebijakan Pendididikan. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya
H.A.R. Tilaar. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional.Jakarta: Rieneka Cipta
Langgulung, Hasan. 1989. Manusia Dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi, Filsafat Dan Pendidikan Jakarta: Pustaka Al-Husna
Lestari, W., & Wahab, A. A. (2023, April). On the Strong Rainbow Antimagic Coloring of Some Special Graph. In 6th International Conference of Combinatorics, Graph Theory, and Network Topology (ICCGANT 2022) (pp. 61-72). Atlantis Press.
Malla, H. A. B., Misnah, M., & Markarma, A. (2020). Implementation of multicultural values in Islamic Religious education based media animation pictures as prevention of religious radicalism in poso, Central Sulawesi, Indonesia. International Journal of Criminology and Sociology, 10, 51-57.
Sam M. Chan Dan Tuti T. Sam. 2005. Analisi Swot Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT Rja Grafindo Pesada
Setiawan, A., Pujayanto, P., & Fauzi, A. (2023). The Impact of Self-Organized Learning Environment Model and STAD Cooperative Model on Knowledge Competency in Terms of Learning Independence in Dynamic Fluids Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8197-8203.
Tilaar, 2001. Menajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosyda Karya

Authors

Sollah Solehudin
sollahsolehudin7@gmail.com (Primary Contact)
Solehudin, S. . (2023). Tantangan dunia pendidikan islam dan implikasinya terhadap perubahan kebijakan. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 159–166. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.308
Copyright and license info is not available

Article Details