Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Bidang Bahasa Arab

Ahmad Zainullah, Nur Ali

Abstract

Bahasa Arab menjadi mata pelajaran wajib di madrasah baik tinngkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Maka  untuk mencapai pembelajaran bahasa Arab yang maksimal maka diperlukan kurikulum pembelajaran bahasa arab yang tepat. Dan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi keberhasilan kurikulum adalah pemberdayaan bidang manajemen atau pengelolaan kurikulum di lembaga pendidikan yang bersangkutan, pengelolaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan atau sekolah perlu dikoordinasi oleh pihak pimpinan lembaga yang dikembangkan secara integral yaitu memadukan spiritual, sikap dan pengetahuan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serta disesuaikan dengan visi dan misi  pendidikan yang bersangkutan. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) akan menjadi nilai lebih bagi kepala sekolah atau madrasah, komite sekolah, pengawas, dinas terkait dan para guru untuk bisa berdiskusi untuk merumuskan kurikulum bahasa Arab yang sesuai kebutuhan lembaga, lingkungan dan dapat menciptakan suasana belajar dalam proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik yang pada akhirnya peserta didik dapat mengembangkan diri secara maksimal sesuai bakat dan minatnya. Adapun kelemahan dari penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sebagai besar tenaga pendidik atau guru belum terbiasa untuk mengembangkan model-model kurikulum pembelajaran khususnya dalam bahasa Arab. Mengingatnya sebelumnya mereka hanya mempunyai pengalaman menerapkan kurikulum secara instan. Serta juga, kemampuan guru yang berbeda menjadikan penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurang maksimal.

References


E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007)
Hakim, Dhikrul, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH, Religi: Jurnal Studi Islam, Volume 5, Nomor 2, Oktober 2014.
Firmansyah, Farid. IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (Struktur dan Kendalanya). Jurnal : Tadrîs. Volume 2. Nomor 1. 2007.
Makinuddin, Mohammad, KONSEP DAN KARAKTERISTIK MANAJEMEN KURIKULUM BAHASA ARAB. Jurnal MIYAH. Vol. XI No. 02 agustus Tahun 2015
Hikmawati, Sholihatul Atik. PENDEKATAN DAN MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB PADA MADRASAH/SEKOLAH DI INDONESIA, Muhadasah : Jurnal pendidikan Bahasa Arab. Volume 2 Desember 2019.
Asriati, Nuraini. Impelementasi KTSP dan Kendalanya (Antara Harapan dan Kenyataan). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol. 3 no. 2. Thn. 2010.

Authors

Ahmad Zainullah
zainullahalhamid1@gmail.com (Primary Contact)
Nur Ali
Zainullah, A., & Ali, N. . (2023). Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Bidang Bahasa Arab. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 77–86. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.312
Copyright and license info is not available

Article Details