Inovasi Penilaian Autentik Berbasis Project Digital Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah Plus Klaten

Shindid Gunagraha, Aji Joko Budi Pramono

Abstract

Penilaian memiliki implementasi yang adaptif terhadap indikator yang direncanakan dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan kompetensi siswa. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara dilakukan transformasi penilaian dengan digitalisasi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan siswa dalam mengintegrasikan ilmunya untuk mengaitkan kompetensinya dalam dunia digital. Metode penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diperoleh temuan bahwa penilaian berbasis proyek digital dilakukan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII, VIII, dan IX di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Bentuk proyek yang dilaksanakan sebagai penilaian seperti pembuatan poster digital dan film pendek. Peningkatan proyek melalui platform digital dengan memanfaatkan akun belajar.id siswa dalam proses pengerjaan. Simpulan penilaian berbasis proyek digital memberikan peningkatan kompetensi siswa sesuai dengan kebutuhan zaman dalam transformasi digital khususnya pada aspek pendidikan agama Islam. Menyumbangkan konten Islami ke media sosial sebagai sarana pendidikan dan menanamkan nilai-nilai Islam.

References

Agustina, M., Pujiati, P., & Perdana, R. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal
Arisanti, K., & Hasanah, S. (2023). The impact of a flipped classroom on reading comprehension in students. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 6(4), 446-454.
Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3281
Awwaliyah. (2023). Karakteristik Penilaian Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 115–128. https://doi.org/https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.673
Badrudin, B., Razabi, M. R., Rahmi, R. S., & Mulyani, S. (2024). Pengembangan Manajemen Penilaian Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3963
Chan, D. A., & Nurmawati, N. (2023). Analisis Penilaian PAI Terhadap Multiple Intellegence Siswa Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04). https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1750
Fathurrahman, M., Sarira, R. A., & Djakaria, I. (2024). Integrasi Teknologi Dan Kurikulum Dalam Pendidikan Analisis Tren Dan Inovasi Terkini. KAMBIK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111–123. https://doi.org/https:// 10.33506/jme.v2i2.3911
Faradisi, M. A., Arisanti, K., & Yunus, M. (2023). Strategi Dakwah Islamiyah di tengah Problematika Umat dalam Media Tiktok. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 97-103.
Hafiz, M., Rashid, A., Aziz, A., & Hamli, H. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 Untuk Sekolah Dasar. Madrasah : Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 31–44. https://doi.org/10.61590/mad.v1i2.33
Istiqomah, N. A., Arisanti, K., & Ahnaf, F. H. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITES DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X DI MAN 2 PROBOLINGGO. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 6(1), 165-173.
Lutfah, N. W., Arisanti, K., & Ririn, R. (2023). The Story Telling as a Solution of Student’s Difficulties in English Speaking at Islamic of Senior High School Sirojut Tholibin. Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(1), 581-586.
Mukarromah, S., Arisanti, K., & Pratama, L. D. (2023). Profil Kesulitan Siswa Dalam Meneyelesaikan Soal AKM Ditinjau Dari Teori Van Hielle. TEMATIK: Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 1(1), 25-31.
Mukmin, M., Suharman, S., Riadi, A., Nasrullah, A., Maryam, M., Al Arifi, N., ... & Sukeriyadi, M. (2024). Metode Pembelajaran PAI Berbasis Artificial Intelligence di Era Society 5.0. Yayasan Kita Menulis.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.
Rafliyanto, M., & Mukhlis, F. (2023). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Formal. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 121. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1853
Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/pk.62.1300
Santoso, M. M., Reziana, B., Yusuf, M., Irawan, D., & Ashari, H. (2023). Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Penilaian Kognitif pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.4669
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin (ed.)). CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Suhendra, R. H., Wahab, A. A., & Khumaidi, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi BUPIN terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Plus Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan Probolinggo. ISLAMIKA, 5(3), 890-900.
Sun’iyah, S. L. (2022). Penilaian PAI Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(1). https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i1.3086
Tamrin, M., Lubis, R. R., Aufa, A., & Harahap, S. A. (2021). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Pematangsiantar. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 127–142. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.57
Triyono, S. (2021). Mengelola nilai pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti berbasis digital. Al-Khos: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.62808/al-khos.v1i1.3
Widodo, W. (2020). Model Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di MTs Swasta Kabupaten Rokan Hulu. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.31258/jta.v3i1.46-58
Zulhuda, R., Yuri, C. O., Afriano, A., & Zora, F. (2024). Telaah Kurikulum Pendidikan di Indonesia: Evaluasi Implementasi, Dan Tantangan di Era Modern. JIPS: Jurnal Imliah Pendidikan Scholastic, 3(3), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.36057/jips.v8i3.695

Authors

Shindid Gunagraha
gunagrahashindid@gmail.com (Primary Contact)
Aji Joko Budi Pramono
Gunagraha, S., & Budi Pramono, A. J. . (2025). Inovasi Penilaian Autentik Berbasis Project Digital Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah Plus Klaten. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v7i1.498
Copyright and license info is not available

Article Details