Manfaat Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains
Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk Mengidentifikasi manfaat dari integrasi Pendidikan agama Islam dan Sains dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terkait ilmu agama dengan dukungan fakta sains, sehingga materi pendidikan agama lebih kritis dan relevan dengan kehidupan modern. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Artikel ini mengkaji berbagai sumber dan referensi mengenai konsep integrasi sains dan agama, termasuk analisis terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang mendukung pandangan ini dan pandangan para ulama serta ilmuwan Muslim terkait integrasi ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat integrasi pendidikan agama Islam dengan Sains bukan dipahami sebagai pemberian materi pendidikan agama Islam yang diselingi dengan materi sains dan teknologi. Akan tetapi yang dimaksudkan adalah adanya integrasi yang sebenarnya, di mana ketika kita menjelaskan tentang suatu materi pendidikan agama Islam dapat didukung oleh fakta sains dan teknologi. Sebab, di dunia yang demikian modern ini, peserta didik tidak mau hanya sekedar menerima secara dogmatis saja setiap materi pelajaran agama yang mereka terima. Secara kritis mereka juga mempertanyakan tentang materi pendidikan agama yang kita sampaikan sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini adalah terbentuknya sistem pendidikan yang holistik, di mana siswa tidak hanya memahami ilmu pengetahuan secara teknis tetapi juga memahami nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya. Dengan integrasi ini, diharapkan muncul generasi ilmuwan Muslim yang berakhlak mulia, memiliki dasar agama yang kuat, serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kebaikan umat dan lingkungan.
Keywords: Integrasi, Pendidikan Agama Islam, Sains
References
Bukhori, I., & Cikusin, Y. (2023). Adaptation of Santri in the Islamic Religious Educational Culture. Journal Education Multicultural of Islamic Society, 3(1), 19-41.
Chanifudin, C. and Nuriyati, T. (2020) ‘Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran’, ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), pp. 212–229. Available at: https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77.
Farhan, M. and Solihah, H. (2021) ‘INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA DAN SAINS DI MADRASAH’, 4(2).
Ika Ika, Hamdan Yasir, and Muhamad Miftahudin (2024) ‘Integrasi Agama dan Sains dalam Menghadapi Masalah Global’, Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa, 2(4), pp. 103–113. Available at: https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v2i4.441.
Ma`arif, M.A. (2016) ‘Pendidikan Islam Dan Tantangan Modernitas (Input, Proses Dan Output Pendidikan Di Madrasah)’, Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), pp. 47–58. Available at: https://doi.org/10.31538/ndh.v1i2.1.
Mahmudi, M. (2019) ‘PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN ISLAM TINJAUAN EPISTEMOLOGI, ISI, DAN MATERI’, TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), p. 89. Available at: https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105.
Murtadlo, G. et al. (2023) ‘Integrasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Konteks Sains dan Ilmu Sosial’, PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(1), pp. 35–43. Available at: https://doi.org/10.59966/pandu.v1i1.73.
Nasihin, A. K., Ainol, A., & Khumaidi, A. (2023). Implementation of the concept of religious moderation in Islamic education: Study the thought of M. Quraish Shihab. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 14(01), 1-19.
Priyanto, D. (1970) ‘PEMETAAN PROBLEMATIKA INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 222 DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI’, INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), pp. 222–240. Available at: https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.713.
Ramadhan, G. F., Wisudaningsih, E. T., & Fatmawati, R. (2023). The Effect of Using Mind Mapping to Students’ Reading Comprehension. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 11(1), 385-394.
Rohman, R., Wahab, A. A., & Islam, M. H. (2022). Konsep Tasawuf Imam Al-Ghazali Dari Aspek Moral Dalam Kitab Bidayatul Hidayah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1509-1514.
Rusdiana, A. (2014) ‘INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI’, (2).
Sari, N. I. K., Maryam, S., & Adelita, D. (2024). The Influence of Technology and Parent Participation on Early Childhood Learning at Sirajul Ulum Kindergarten. Journal of Childhood Development, 4(1), 247-258.
Tahlia, P. L. A., Maryam, S., & Adelita, D. (2024). Shaping Children's Character in the Era of Revolution 4.0 and Society 5.0 as a Successor to the Nation through Early Childhood Education. Journal of Childhood Development, 4(1), 210-221.
Widiastutik, E., & Humaidi, A. (2022). Strategi MTs Miftahul Hasan dalam Menjaga Mutu Madrasah di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4342-4346.