Pandangan Ibnu Khaldun Tentang Falsafah Sosial

Nun Tufa

Abstract

Abstrak


Alam pikiran mengenai masyarakat sesungguhnya sama tuanya dengan alam pikiran ilmiah itu sendiri. Masyarakat selalu dikenal dalam pengalaman dan masyarakat selalu menghadapkan manusia pada persoalan-persoalan yang diikhtiarkan oleh manusia itu untuk menjawabnya. Karena dia selalu menghadapkan manusia pada persoalan-persoalan dan masalah-masalah praktis inilah sebabnya masyarakat menjadi buah pikiran.


Dalam alam pikiran mengenai masyarakat tercerminlah masyarakat itu sebagai yang dialami, yang dalam perkembangannya melahirkan dua hal yaitu perkembangan dari kenyataan kenyataan sosial, yaitu masyarakat itu sendiri dan perkembangan pemikiran ilmiah. Demikian kata Bierens De Haan dalam bukunya yang telah menjadi demikian klasik, dan karena pengetahuan yang paling tua adalah filsafat, maka di dalam filsafat itu pastilah dibicarakan tentang masyarakat. Dan karena studi ini adalah studi Sejarah Pemikiran Islam maka penulis memakai pemikiran seorang sosiolog muslim terkenal yaitu Ibn Khaldun dan pemikirannya tentang teori sosial.

Authors

Nun Tufa
tufanunjago89@gmail.com (Primary Contact)
Nun Tufa. (2021). Pandangan Ibnu Khaldun Tentang Falsafah Sosial. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 269–280. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v3i2.63
Copyright and license info is not available

Article Details