Pelatihan dan pengajaran baca tulis Al-Qur’an pada TPQ Baitur Rahim dalam mengatasi buta aksara Qur’an
Abstract
Program pengabdian yang dilaksanakan pada TPQ Baitur Rahim Dusun Daris Desa Prasi Kecamatan Gading bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi jumlah santri di Dusun Daris Desa Prasi kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. (2) Mengetahui efektifitas metode IQRO dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an pada santri TPQ Baitur Rahim di Dusun Daris Desa Prasi kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. (3) Sebagai wujud kepedulian tim pengabdi kepada masyarakat dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pendekatan yang dilakukan pada kegiatan PKM ini adalah pendekatan langsung, yaitu langsung dibaca tanpa dieja, langsung berhadapan atau tatap meliputi pembelajaran aktif, sistematis, tematis, fleksibel, asistensi, bimbingan kerohanian, bimbingan keterampilan. Dari hasil pengabdian dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa: (1) Masih tingginya jumlah angka buta aksara Al-Qur’an pada anak-anak di Dusun Daris Desa Prasi kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo; (2) Faktor penyebab dari tingginya jumlah angka buta aksara pada anak-anak tersebut adalah lebih kepada faktor intern atau pribadi saja yaitu kurangnya minat dan motivasi untuk terus belajar Al-Qur’an; (3) Metode IQRO merupakan metode yang dianggap efektif digunakan dalam rangka memberantas buta aksara Al- Qur’an pada anak-anak. Dalam PKM ini. Santri mampu menghafal surah pendek, praktek shalat, adzan, dan memberikan wawasan kepada santri agar dapat memahami pendidikan Islam secara baik.
References
Alhogbi, B. G. (2017). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Departemen Agama RI, (2002) Mushaf Al-Qur’an Terjemah, Jakarta: Pena Pundi Aksara Fadlullah, (2008) Orientasi Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Diadit Media.
Dewi, R. P., & Eliyasni, R. (2020). Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran role playing pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(3).
Humam, As’ad, (2000) Buku Iqro; Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, edisi revisi, Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional.
Hurlimann, M. D. (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan. Combustion Science and Technology, 21(5–6).
Koller, J. M. (2004). From the Prophet to the Present: An Historical Approach to Understanding Islam. The Journal of Comparative Asian Development, 3(1). https://doi.org/10.1080/15339114.2004.9678391
Laporan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Pemberantasan Buta Aksara Perempuan (PBAP) tahun 2006, Jakarta.
Muhammad, D. H., Reza Hilmy Luayyin, & Ummul Karimah. (2022). PENERAPAN METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3). https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.300
Muslim, I. F., Ranam, S., & Priyono, P. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran dengan Pelatihan. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(2). https://doi.org/10.37010/pnd.v1i2.680
Radar Banten; Rubrik Utama, Program Buta Aksara Simpang Siur, edisi Senin 7 April 2008Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2002.
Sofian, M. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP UU SISDIKNAS NO. 20 TAHUN 2003. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1165
Zakarsyi. Dachlan Salim, (1990) Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur’an, Semarang
Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.