Pendampingan kultur literasi dengan metode Asset Based Community Development (ABCD) terhadap mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Clarisya Amalia Sholehah, Loviga Denny Pratama

Abstract

Pendidikan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk individu menjadi sosok yang berpengetahuan luas, kritis, dan berdaya saing tinggi di era globalisasi. Salah satu aspek penting dalam pendidikan tinggi adalah pengembangan kultur literasi di kalangan mahasiswa. Kultur literasi yang kuat akan membantu mahasiswa dalam memahami, menganalisis, dan merespons informasi dengan bijak, serta mendorong partisipasi aktif dalam kehidupan akademik dan masyarakat.  Namun, masalah utama yang dihadapi dalam kultur literasi mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, yaitu rendahnya minat membaca, serta kurangnya kesadaran akan pentingnya literasi di berbagai bidang studi. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam meningkatkan budaya literasi mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong adalah Asset Based Community Development (ABCD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendampingan budaya literasi dengan menggunakan metode ABCD pada mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendampingan budaya literasi dengan metode ABCD efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi bagi para mahasiswa.

References

Kompri. (2018). Manajemen dan kepemimpinan pondok pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group.
Misjaya, M. B. (2019). Konsep Pendidikan Kemandirian Ekonomi Di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo-Jawa Timur. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.
Munawar, A. (2007). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga Studi Kasus Pelaksanaan KKN Ke-61 Di Dusun Ngreco Surocolo, Selohardjo, Pundong, Bantul Tahun Akademik 2007. Aplikasia .
Pamuji, A. a. (2023). Peningkatan Kemampuan Konseling Virtual Dengan Metode Asset-Based Community Development (ABCD) Di Pondok Pesantren Annida. IKRA-ITH ABDIMAS.
Setyawan, R. D. (2023). Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Syamsurijal, S. (2023). Titik Temu Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3.03.
Wulandari, T. (2022, Agustus 04). detik.com. Retrieved from detikedu: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6216124/apa-itu-kkn-begini-gambaran-kkn-di-kuliah

Authors

Clarisya Amalia Sholehah
clarisya77245@gmail.com (Primary Contact)
Loviga Denny Pratama
Clarisya Amalia Sholehah, & Pratama, L. D. (2024). Pendampingan kultur literasi dengan metode Asset Based Community Development (ABCD) terhadap mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. KHIDMAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 42–46. https://doi.org/10.55210/khidmah.v4i1.380
Copyright and license info is not available

Article Details