Pelatihan penyusunan rencana penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif bagi guru matematika SMP Se-kota Soe
Abstract
Pandemi Covid-19 yang pernah melanda seluruh dunia memberikan dampak yang sangat besar dan berkepanjangan hingga saat ini dalam berbagai sektor kehidupan khususnya dunia pendidikan. Loss Iearning atau kesenjangan pembelajaran akibat pembelajaran daring (dalam jaringan) karena pandemic adalah masalah serius yang tentunya dihadapi oleh semua pihak. Menghadapi hal ini pemerintah Indonesia menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka dimana pembelajaran berdiferensiasi adalah hal yang diutamakan. Kebijakan ini tentu baik, namun disisi lain menuntut kreativitas guru yang lebih dalam mengatur pembelajaran. Tidak hanya itu kerja sama yang bersifat kolaboratif juga sangat diperlukan oleh para pendidik. Karena itulah kegiatan PKM ini dilaksanakan. Tim PKM dari Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nusa Cendana Kupang, bekerjasama dengan MGMP kota Soe, Kabupaten TTS, NTT sehingga terdapat 20 peserta yang terlibat aktif dalam kegiatan ini. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif adalah tema yang diusung pada kegiatan ini. Tujuannya agar dapat memfasilitasi kretivitas guru dalam mengatur pembelajaran dan berkolaborasi. Ceramah, diskusi-tanya jawab, praktik dan demonstrasi adalah metode yang digunakan selama 2 hari kegiatan. Kegiatan PkM ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Adapun lokasi kegiatan bertempat di SMAN 1 Soe. Hasil evaluasi dan refeleksi menunjukkan bahwa kegiatan PkM ini telah berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan yakni para guru peserta pelatihan mampu merumuskan judul PTK kolaboratif.
References
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-JarakJauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. Taylor & Francis Group.
Fakrurridha, F., & Nurdin, N. (2019). Pelaksanaan Mgmp Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 238. https://doi.org/10.32672/si.v20i2.1456
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Hartono. (2013). Learning Cycle-7E Model To Increase Student’S Critical Thinking on Science. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 58–66.
Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & ... (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal …, 5, 2936–2941. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11446
Nenohai, J. M. H., Udil, P. A., Blegur, I. K. S., Matematika, P., Cendana, U. N., & Matematika, P. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM. 05, 23–32.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283
Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.
Siregar, E. (2014). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS Ellys Siregar,M.Pd Abstrak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(September). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/3398/3055
Solihat, A. N., Sadiah, A., & Gumilar, G. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Learning Loss dan Implikasinya. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 12(1), 12–22.
Susilowati, D. (2018). Edunomika – Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018) PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN Dwi Susilowati. Edunomika, 02(01), 36–46.
Suzuki, R. (2017). Mari Membuat Learning Community: Reformasi Pendidikan Kota Malang. PT Benesse Indonesia.
Vitantri, C. A., & Asriningsih, T. M. (2016). Efektivitas Lesson Study Pada Peningkatan Kompetensi Calon Guru Matematika ( Effectiveness of Lesson Study to Improve the Competence of Perspective Teacher of Mathematics). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, I(1), 23–33.
Wiratmaja, R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen. PT Remaja Rosdakarya.