PKM PELATIHAN MENDESAIN DAN MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Nur fitri Amalia

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan memberikan pendampingan dan pelatihan kepada guru sekolah dasar dalam mendesain dan mengembangkan salah satu komponen penting dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 yaitu media pembelajaran berbasis daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara luring dengan peserta yang terbatas selama empat hari. Peserta pelatihan adalah guru kelas. Applikasi yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajarandaring yaitu zoom cloud meeting, google classmeet, google clasroom dan whatsapp. Secara garis besar metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi lima metode yaitu mengidentifikasi permasalahan, melakukan sosialisasi beserta pengenalan framework, memberikan stimulasi, melakukan pendampingan dan evaluasi. Berdasarkan hasil pelatihan mendesain dan mengembangkan media pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah dapat disimpulkan guru memperoleh pendalaman dan mampu mendesain dan mengembangkan media pembelajaran berbasis daring. Hal tersebut dibuktikan denganguru tidak hanya memanfaatkan media WAG (Whatsap Grup) dalam mendesain pembelajaran namun telah mengkolaborasikan aplikasi dengan memanfaatkan blended learning 45%, aplikasi zoom 10%, aplikasi google clasmeet 20%, google classroom 20% dan hanya 5% guru yang memanfaatkan whatsaap secara independen.


Kata Kunci:PKM, Media Pembelajaran, Daring. Pandemi Covid-19

Authors

Nur fitri Amalia
nurfitriamalia188@gmail.com (Primary Contact)
Amalia, N. fitri. (2021). PKM PELATIHAN MENDESAIN DAN MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH. KHIDMAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 163–181. Retrieved from https://lp3mzh.id/index.php/khidmah/article/view/30
Copyright and license info is not available

Article Details

Most read articles by the same author(s)