Modifikasi Pembelajaran Bahasa Arab Sesuai Standart International CEFR di Pusat Studi Bahasa Asing Universitas Islam Zainul Hasan

Ahmad Muzammil

Abstract

Tujuan Pembelajaran bahasa Arab yang pertama kali muncul di Indonesia untuk memahami kitab Allah SWT dan untuk memahami hadits Nabi dan semua sumber peraturan dan hukum agama. bahasa Arab telah masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya Islam di dalamnya pada abad pertama Hijriah, sehingga bahasa Arab diajarkan di lembaga pendidikan, lembaga Islam dan bahkan universitas Islam, termasuk di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. terutama di pusat pengajaran bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan bahasa Arab di Pusat Pendidikan Bahasa Asing di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo, dengan menggunakan ukuran dari standar internasional (CEFR). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskripsi analitis, dan hasil penelitian ini adalah: Pengajaran bahasa Arab di Pusat Pendidikan Bahasa Asing di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo dilakukan dengan baik tetapi tidak cukup, Setelah mencatat kebutuhan siswa dalam mengembangkan kemahiran bahasa mereka, peneliti mengklaim bahwa mengajar bahasa Arab di pusat ini perlu dimodifikasi dengan menggunakan standar internasional ( CEFR ).

References

Abdul Wahab Rosyidi,‘Peningkatan Kualitas Pengajar Bahasa Arab Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Ilmiah Peuradeun, Vol.2.No.3 (2014). H. 198
Ahmad Fuad Efendi Afaq Tarikhiyah Lilughatil Arabiyah fi Indonesia (Riyadh; Kaica, 2015)
Assessment Companioan Volume With New Description’, 2022 .
Buku Pedoman Akademik INZAH Kraksaan Probolinggo, INZAH Press, Probolinggo 2016. Hal 1
Council of Europe, ‘Common European Framework of Reference forLanguages:Learning,Teaching,
Dedi Eko Riyadi, Metode Common European Framework Reference for Language (CEFR) dalam pembelajaran Bahasa Arab, AlFakkar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol.1 No. 1 2020
Habibur Rohman, Pengembangan bahan ajar Bahasa Arab Berbasis Common European Framework Reference for Language (CEFR) untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Arab siswa, Al-Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol 7. No 2 2021
Ittihad Mudarrisi Lughah Arabiyyah, Standarisasi Kurikulum Jenjang S1Prodi Bahasa Dan Sastra Arab Dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab PTKIN-PTKIS-PTU-PTSDiIndonesia (Bandung,2019)
Lilianan Muliastuti, Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Acuan Teori Dan Pendekatan Pengajaran (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesiam,2017), hlm.148.
Musyrifah Sunanto, Sejarah Peradaban Islam Indonesia (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)
Noor Amiruddin, Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Tamaddun Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan. 12 Nov 2017. Hal 6
Serli Mahroes, Kebangkitan Pendidikan Bani Abbasiyah Perspektif Pendidikan Bani Abbasiyah, Jurnal TARBIYA Vol.1 No. 1 2015 hal 88
Sofyan Sauri, Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam Indonesia, INSANCITA Jurnal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia
Talqis Nurdianto, Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Common European Framework of Reference for Language (CEFR) di Indonesia, Al-Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Ara, vol 6 No 1 Juni 2020.

Authors

Ahmad Muzammil
muzammil25ahmad@gmail.com (Primary Contact)
Muzammil, A. . (2023). Modifikasi Pembelajaran Bahasa Arab Sesuai Standart International CEFR di Pusat Studi Bahasa Asing Universitas Islam Zainul Hasan. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 157–168. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.311
Copyright and license info is not available

Article Details