Implementasi metode hanifida dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an di pondok pesantren Bustanul Hasan Genggong Probolinggo
Abstract
Menghafal al-qur’an merupakan kegiatan yang memiliki bermacam-macam manfaat dan keutamaan, dan perlu menjadi perhatian besar adalah menghafal al-Qur’an membutuhkan metode yang tepat agar al-Qur’an bisa diafalkan dengan baik, cepat dan mudah. Karena dengan memilih dan menggunakan metode menghafal yang baik dan tepat akan memudahkan para pengahafal hingga mencapai hasil akhir yaitu 30 juz. Proses pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menghafal al-Qur’an dengan menggunakan metode Hanifida mampu memberikan kemudahan kepada para penghafal al-Qur’an di pondok pesantren Bustanul Hasan Genggong Krejengan Probolinggo. Pada hakikatnya menghafal AL-Qur’an adalah suatu upaya untuk menambah kedekatan dengan al-Qur’an karena antara tilawah dengan menghafal adalah dua hal yang berbeda. Dengan menghafal, jiwa dan otak akan terus menyerap lantunan ayat-ayat al-Qur’an yang diulang-ulang begitu banyak oleh lisan seseorang.
References
Agustina, Meirani, Ngadri Yusro, and Syaiful Bahri. “Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 14, no. 1 (2020): 1–17.
Astuti, Prehaning Yuni. “Penerapan Metode Hanifida Pada Pelatihan Menghafal Cepat (Studi Kasus Di Laa Raiba Hanifida Training Center).” Universitas Negeri Malang, 2011.
Herwati, Herwati. “PEMBENTUKAN BUDAYA RELIGIUS TERHADAP MASYARAKAT MINORITAS MUSLIM DI DESA TENGGER KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PROBOLINGGO.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 16, no. 1 (2022): 60–75.
———. “SATLOGI SANTRI SEBAGAI SISTEM NILAI DAN FALSAFAH HIDUP PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 15, no. 1 (2021): 31–46.
Herwati, Herwati, and Hasyim As’ ari. “KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PERSPEKTIF ISLAM DAN APLIKASINYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (AL-ZARNUJI).” BAHTSUNA 1, no. 1 (2019): 80–106.
Holidah, Nor Diana. “Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.” IAIN Jember, 2019.
Khasanah, Nur. “PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018.” IAIN SALATIGA, 2018.
Khulatifah, Inayah. “Pengaruh Metode Fami Bisyauqin Terhadap Bacaan Al Qur’an Binnazar Santri Pondok Pesantren Salafiyah Kediri.” Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 2, no. 1 (2021): 91–98.
Lubis, Nur Maulida Rizki. “Pengimplementasian Metode Takrir Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Yayasan Tahfidz Al-Ihmy Medan Johor.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] 2, no. 1 (2022).
Machmud, Sri Wahyuni, Rivai Bolotio, and Abrari Ilham. “Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo.” Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization 2, no. 1 (2021).
Maria, Siti Ratna. “Implementasi Metode Rabbani Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Santriwati Kelas XII: Studi Multi Situs Di Pondok Modern Al-Ikhlas Taliwang Dan Pondok Modern Nurul Haramain Putri NW Narmada.” UIN Mataram, 2023.
Mashuri, Imam, Al Muftiyah, and Siti Fiadhiatun Nafisah. “IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA PADA PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN SISWA KELAS IX MTs DARUL AMIEN JAJAG GAMBIRAN BANYUWANGI.” Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 99–122.
Mukholisoh, Faizatul, Anwar Sa’dullah, and Nur Hasan. “Pelaksanaan Metode Muroja’Ah Tahfidz Al-Qur’an Di Ma’Had Al-Ulya Man Kota Batu.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 3 (2019): 191–96.
Murdiono, Murdiono, and Dina Mardiana. “Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Izzah Kota Batu.” BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1, no. 4 (2019): 160–69.
NI’mah, Khoirotun, M Rizal Rizki, and Elis Ismawati. “IMPLEMENTASI METODE TAKRIR PADA MATERI FI’IL DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIROAH BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK NU 1 SUKODADI.” Al-Fakkaar 1, no. 2 (2020): 1–17.
Nurhidayati, Lailli, Asiyah Asiyah, and Zubaidah Zubaidah. “Perbedaan Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa Yang Menggunakan Metode Takrir Dengan Metode Kitabah.” JPE: Journal of Primary Education 1, no. 1 (2021): 19–26.
Romziana, Luthviyah, Wilandari Wilandari, Lum Atul Aisih, Rifqiyah Afifatin Nasihah, Iklimatus Sholeha, Haslinda Haslinda, Nadzirotul Jamilah, and Kafilatur Rahmah. “Pelatihan Mudah Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi’Bagi Siswi Kelas XI IPA Tahfidz Madrasah Aliyah Nurul Jadid.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 5, no. 1 (2021): 161–67.
Silfia, Khalifatus, and Herwati Herwati. “IMPLEMENTASI FAMI BISYAUQIN DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI PESANTREN.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2022): 48–62.
SOMAD, ABDUL, Kasful Anwar, and Nazari Nazari. “PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-MUBARAK AL-ISLAMI LITAHFIZHIL QUR’AN AL-KARIM TAHTUL YAMAN KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI.” UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.
Sulianto, Sulianto. “Penerapan Metode Menghafal Al Qur’an Fami Bisyauqin Dan Pengaruhnya Terhadap Santri Mahasiswa Dalam Memahami Al Qur’an Di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jombang.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Suprapno, Herwati, Yosep Belen Keban, Titin Nurhidayati, Triyo Supriyatno, I Putu Yoga Purandina, Akhsin Ridho, Muhammad Rafii Fridiyanto, Ridan Umi Darojah, Vivid Rohmaniyah, and Hasyim Asy’ari. PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.
Ulya, Himmatul. “Implementasi Metode Hanifida Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren La Raiba Hanifida Jombang.” Skripsi Sarjana. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2020.