Penerapan Metode Every One is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Herwati Herwati, Neneng Intan Bulgis Haryati

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan proses ngajar mengajar menggunkan metode every one is a teacher here untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak.penelitian ini dilakukan pada kelas VIII MTs Darut Tauhid Tanjung Sari Krejengan Probolinggo. Terdapat II siklus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perencanaan dalam pembelajaran, pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Tehnik pengumpulan data yang kami gunakan melalui metode tes, interview dan berupa dokumentasi. Pada siklus I hasil pencapaian siswa dalam aktivitas belajar, minat, dan kreatifitas mecapai 68% sedangkan pada siklus ke II jumlah pencapaian siswa dalam aktivitas, minat, dan kreativitas mencapai 90%. Maka penelitian ini menunjukkan hasil yang berpengaruh terhadap aktivitas, minat, dan kreatifitas siswa, peneliti menyarankan bagi guru untuk menerapakan metode every one is a teachere here.

References

Aqib, Zainal, dkk, Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Rama Widya, 2009.
Fricelia, Rieska. Implementasi metode pembelajaran Every One Is A Teacher Here dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012
Mel Silberman, Active Learning 101Strategi Pembelajaran Aktif. Bumi Aksara,Jakarta, 2017
Prof.dr. Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2019


Authors

Herwati Herwati
herwati@gmail.com (Primary Contact)
Neneng Intan Bulgis Haryati
Herwati, H., & Haryati, N. I. B. . (2023). Penerapan Metode Every One is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 150–156. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.310
Copyright and license info is not available

Article Details