Upaya kepala madrasah dalam mengatasi problematika guru tentang penerapan kurikulum 2013 di MTS Zainul Hasan Wonorejo Maron Probolinggo

Eka Rahayu, Siti Nur Jannah

Abstract

Kurikulum merupakan hal yang paling penting dalam dunia pendidikan, tanpa adanya kurikulum sebuah lembaga pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam mengatasi prolematika guru terkait implementasi kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi guru di MTs Ainul Hasan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 tidak begitu berat, karena upaya yang dilakukan kepala sekolah MTs Ainul Hasan adalah melakukan profesionalisasi guru dengan mengadakan pelatihan kurikulum 2013 yang diadakan di madrasah itu sendiri maupun di luar madrasah, melengkapi sarana dan prasarana yang ada serta melakukan supervisi terhadap berjalannya PBM.

References

Arief S. Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 1998. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Http://putusutrisna.blogspot.com. Pengembengan silabus Html. Di akses pada hari Senin tgl 20 Aguatus 2018, jam 09.08 WIB.
J.H. Stronge, Teacher Evaluation and School Improvement: Improving The Educational Landscape. In James H. Stronge (Ed.). Evaluating teaching. Thousand Oaks: Crown Press, (online), (Http:www.journal.um.ac.id, diakses pada hari Rabu tgl 23 Mei 2018).
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Authors

Eka Rahayu
eka.rahayu0792@gmail.com (Primary Contact)
Siti Nur Jannah
Rahayu, E., & Nur Jannah, S. . (2023). Upaya kepala madrasah dalam mengatasi problematika guru tentang penerapan kurikulum 2013 di MTS Zainul Hasan Wonorejo Maron Probolinggo. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i1.395
Copyright and license info is not available

Article Details