Pengaruh metode pembelajaran, media pembelajaran dan kemampuan guru menggunakan it terhadap hasil belajar siswa SD Muhammadiyah Kota Probolinggo
Abstract
Berangkat dari pemikiran ingin meningkatkan pelayanan pembelajaran dengan menggunakan IT (Laptop dan Proyektor), dan penggunaan metode pembelajaran, serta mengukur kemampuan guru SD Muhammadiyah Probolinggo terhadap hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Probolinggo, maka penelitian ini dilakukan. Berdasarkan permasalahan yang telah disebutkan di atas, maka perlu adanya strategi untuk meningkatkan layanan pembelajaran yang optimal dengan metode yang menarik dari guru yang inovatif dalam memotivasi kreatifitas siswa, yaitu pembelajaran IPS melalui media visual berupa media IT.
References
Anderson, Krathwohl (2010), kerangka Lndasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen, (Revisi Taksonomi pendidikan Bloom), Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Chan, Muhammad Sofwan, Erlin Devi Saragih (2020), Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar, Jambi, Universitas Jambi.
Endi Sarwoko, (2018),Analisis Statistik menggunakan SPSS 22, Malang, Media Nusa Creative
Hasaniyah, S., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Raudlatul Khair Jatiadi Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2097-2102.
Hidayati, H., & Bukhori, I. (2022). Analisis Metode An Nahdhiyah Terhadap Pemahaman Membaca Al QurAn Di TPQ Baitul Abror. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1150-1159.
Hisyamuddin, M., Arisanti, K., & Islam, M. H. (2022). Eksistensi Madrasah Diniyah sebagai Solusi Pendidikan Milenial (Studi Kasus Madin Al-Khodijah Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16194-16199.
Raudah, Tien Zubaidah, Imam Santoso, (2017), Effectiveness Of Sterilization Method Of Dry Heat At The Wound Care Medical Devices Hospital Room Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol. 14 No. 1 Januari 2017
Mudjiono, Dimyati, (2015), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineke Cipta
Sarihadi, S. S., Arisanti, K., & Humaidi, A. (2022). Penerapan Metode Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Akhlak Terpuji Peserta Didik di Madrasah Aliyah Raudlatul Muta’alimin Opo-Opo Krejengan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5221-5227.
Wayan Subagia, Wiratma, (2016),.Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5.Nomor 1. Diakses April 2016
Widiastutik, E., & Humaidi, A. (2022). Strategi MTs Miftahul Hasan dalam Menjaga Mutu Madrasah di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4342-4346.
Chan, Muhammad Sofwan, Erlin Devi Saragih (2020), Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar, Jambi, Universitas Jambi.
Endi Sarwoko, (2018),Analisis Statistik menggunakan SPSS 22, Malang, Media Nusa Creative
Hasaniyah, S., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Raudlatul Khair Jatiadi Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2097-2102.
Hidayati, H., & Bukhori, I. (2022). Analisis Metode An Nahdhiyah Terhadap Pemahaman Membaca Al QurAn Di TPQ Baitul Abror. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1150-1159.
Hisyamuddin, M., Arisanti, K., & Islam, M. H. (2022). Eksistensi Madrasah Diniyah sebagai Solusi Pendidikan Milenial (Studi Kasus Madin Al-Khodijah Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16194-16199.
Raudah, Tien Zubaidah, Imam Santoso, (2017), Effectiveness Of Sterilization Method Of Dry Heat At The Wound Care Medical Devices Hospital Room Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol. 14 No. 1 Januari 2017
Mudjiono, Dimyati, (2015), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineke Cipta
Sarihadi, S. S., Arisanti, K., & Humaidi, A. (2022). Penerapan Metode Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Akhlak Terpuji Peserta Didik di Madrasah Aliyah Raudlatul Muta’alimin Opo-Opo Krejengan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5221-5227.
Wayan Subagia, Wiratma, (2016),.Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5.Nomor 1. Diakses April 2016
Widiastutik, E., & Humaidi, A. (2022). Strategi MTs Miftahul Hasan dalam Menjaga Mutu Madrasah di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4342-4346.
Authors
Suci Rahayu, P. (2023). Pengaruh metode pembelajaran, media pembelajaran dan kemampuan guru menggunakan it terhadap hasil belajar siswa SD Muhammadiyah Kota Probolinggo. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 13–22. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i1.396
Copyright and license info is not available