Penerapan pengkonstruksian dan pengolahan hasil non tes di SMK Negeri 1Terisi Indramayu
Abstract
Penilaian non-tes merupakan bagian integral dari evaluasi pembelajaran di SMK Negeri 1 Terisi, yang dilaksanakan untuk mengukur aspek-aspek kompetensi non-kognitif siswa, seperti sikap, keterampilan sosial, dan karakter. Penilaian ini melibatkan berbagai teknik, termasuk observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi kegiatan. Di sekolah ini, penilaian non-tes diterapkan pada beberapa objek penilaian, antara lain Profil Pelajar Pancasila, Praktek Kerja Industri (Prakerin), sikap/afektif siswa, dan kegiatan ekstrakurikuler wajib Kepramukaan. Masing-masing objek penilaian tersebut dievaluasi dengan menggunakan metode yang sistematis dan terstruktur, dimana hasilnya dimasukkan dalam format rapor siswa. Meskipun demikian, implementasi penilaian non-tes di SMK Negeri 1 Terisi menghadapi berbagai tantangan, antara lain kurangnya pemahaman guru tentang teknik penilaian non-tes, keterbatasan waktu untuk melakukan observasi dan pengumpulan data, serta kesulitan dalam merumuskan kriteria penilaian yang jelas dan konsisten. Selain itu, komunikasi yang terbatas dengan orang tua dan kurangnya pelatihan bagi guru menjadi hambatan dalam penerapan penilaian non-tes yang efektif. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan pemahaman dan pelatihan yang lebih intensif bagi para pendidik serta dukungan yang lebih baik dari orang tua dan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas penilaian non-tes di SMK Negeri 1 Terisi.
References
Cahayu, S. A., Ratu Sampurna, Nadira, & Risnita. (2023). Instrument Evaluasi Non-Tes Ranah Afektif dan Psikomotorik Pembelajaran IPA Sinkronisasi Berbasis Keterampilan Abad 21 Di SMP Negeri 6 Sungai Penuh. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.30631/edubio.v6i2.53
damayanti, R., Damayanti, R., Huda, N., Hermina, D., Yani NoKm, J. A., Bunga, K., Banjarmasin Tim, K., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2024). Pengolahan Hasil Non-Test Angket, Observasi, Wawancara Dan Dokumenter. Student Research Journal, 3, 259–273. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i3.1343
Ibrahim, I., & Muslimah, M. (2021). Tekhnik Pemeriksaan Jawaban, Pemberian Skor, Konversi Nilai dan Standar Penilaian. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.114
Magdalena, I., Ismawati, A., & Amelia, S. A. (2021). Penggunaan Evaluasi Non-Tes Dan Kesulitannya Di Sdn Gempol Sari. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 187–199. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Nurhayati, S. (2019). PENGELOLAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MTs PADA ASPEK PENGETAHUAN. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 154–161. https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.22
Rahmadani, D. (2024). Teknik Penyusunan dan Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar (Tes dan Non-Tes) Bahasa Arab. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2).
Riinawati. (2021). Sasaran dan objek penilaian. In Pengantar Evaluasi Pendidikan.
Saftari, Maya, N. F. (2019). ASSESSMENT OF AFFECTIVE DOMAIN IN ATTITUDE SCALE STMIK Atma Luhur , Universitas Sriwijaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/download/836/465/
Salem, M. A., & Samad, Y. A. (2021). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Aplikasi Raport Digital (ARD) Di MTs Negeri Kota Kupang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40.