Implementasi tasawuf irfani dalam pendidikan agama islam

Kustiana Arisanti, Ahmad Khumaidi, Siti Nuraisyah

Abstract

Taqwa adalah salah satu bentuk ketaatan yang tinggi dengan diawali dengan rasa tkut untuk kelakukan kesalahan dan mengingkari perintah Tuhan. Untuk meraih derajat ketaqwaan yang tinggi, seseorang harus melakukan pendekatan yang kontinu terhadap sang Khalik, melalui kepatuhan terhadap segala perintah dan menjauhi segala larangannya sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara manusia dan Tuhannya. Hubungan harmonis secara vertical ini tentu akan berpengaruh pada hubungan horizontal atau sesama manusia. Namun, untuk merealisasikan hubungan harmonis  yang vertical (taqwa) dan horizontal ini membutuhkan pelatihan yang dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Disisi lain, tasawuf adalah salah satu cara yang dilakukan oleh ulama salaf untuk meraih derajat tertinggi ketaqwaan yang dilakukan melalui beberapa tahapan yang  disebut sebagai maqamat dan ahwal. Dengan demikian  rasanya perlu untuk merealisasikan tujuan pendidikan Islam melalui pengajaran yang menerapkan nilai-nilai tasawuf, sehingga tujuan pendidikan dalam mewujudkan insan kamil dapat direalisasikan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang ideal dalam merealisasikan tujuan pendidikan Islam melalui penerapan nilai-nilai tasawuf dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan memanfaatkan sumber perpustatakaan sebagai data penelitian yang kemudian dianalisis untuk melahirkan sebuah penelitian yang diinginkan.

References

Abshor, Muhammad Ulil. “EPISTEMOLOGI IRFANI (Sebuah Tinjauan Kajian Tafsir Sufistik).” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir 3, no. 2 (2018). https://doi.org/10.32505/tibyan.v3i2.649.
Ahmad, Abdul Fattah Muhammad Sayyid. Tasawuf Antara Al-Ghazali Dan Ibnu Taimiyah. Jakarta: Khalifa, n.d.
Al-Fauzan, Syekh Shalih Bin Fauzan. Hakekat Tasawuf; Pandangan Tasawuf Tentang Ibadah Dan Pokok-Pokok Agama. Riyadh: Islamic Propagation, n.d.
Al-Ghazali, Al-Imam Abi Hamid Muhammad bin Muhammad. Ihya’ Ulum Al-Diin. Beirut: Dar Ibn Hazm, 2005.
Al-Ghazali, al-Imam Abu Hamid. Tahdib Al-Akhlaq Wa Mu’ajalat Amradh Al-Qulub. Edited by Muhammad Al-Baqir. Bandung: Mizan, 2014.
Al-Ghazali, Imam. Penyelamat Kesesatan ; Tarjamah Al-Munqidz Min Al-Dhalal. Edited by Sunarto. Jakarta: Bintang Belajar, 1986.
Al-Qusyairi, al-Imam Abu al-Qasim Abd al- Karim al-Hawazin. Ar-Risalah Al-Qusyairiyah. Beirut: Dar al- Kutub al-Ilmiyah, 2001.
Bloom, Benjamin S. Taxonomy of Educational Objective; The Classification of Educational Goal. Edited by University of Chicago University of Examiner. United Stated of America: David Mc. Kay, 1956.
Dahlan, Bayani. Pemikiran Sufistik Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Cet. I. Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2014.
Daradjat, Zakiyah. Pendidikan Agama Islam. Palembang: Universitas PGRI, 2009.
Faza, Abrar M. Dawud. “TASAWUF FALSAFI.” Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.51900/alhikmah.v1i1.4050.
Hadi, Sofyan. “SINTESA TASAWUF AKHLAKI DAN FALSAFI DALAM TEKS AL-MANHAL.” Al-Qalam 21, no. 2 (2016). https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.241.
Haeri, Syekh Fadlullah. Belajar Mudah Tasawuf. Edited by Terj. Muhammad Hasyim Assegaf. Cet. IV. Jakarta: Lentera, 2001.
Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam. Medan: LPPPI, 2016.
Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.
Kadzim, Musa. Belajar Menjadi Sufi. Jakarta: Lentera, 2002.
Kartanegara, Mulyadhi. Nalar Religius; Menyelami Hakikat Tuhan, Alam Dan Manusia. Edited by Ahmad Ta’yudin Halid Alkaf. Jakarta: Erlangga, 2007.
Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: al-Husna Dzikra, 2000.
Muthahhari, Murtadha. Filsafat Moral; Kritik Atas Berbagai Pandangan Moral. Edited by Edi Hendri M Muhammad Babul Ulum. Cet.I. Jakarta: al-Huda, 2004.
Mutholingah, Siti. “TASAWUF ‘IRFANI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Journal PIWULANG 3, no. 1 (2020). https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.503.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 1994.
Riyadi, Abdul Qadir. Antorpologi Tasawuf; Wacan Manusia Spiritual Dan Pengetahuan. II. Jakarta: LP3ES, 2017.
Soleh, A. Khudori. “Mencermati Epistemologi Tasawuf.” Ulumuna 14, no. 2 (December 31, 2010): 227–48. https://doi.org/10.20414/ujis.v14i2.216.
Syakur, Asywadi. Ilmu Tasawuf. Surabaya: Bina Ilmu, 1978.
Zed, M. “Metode Penelitian Kepustakaan.” Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Authors

Kustiana Arisanti
kustiana.arisanti82@gmail.com (Primary Contact)
Ahmad Khumaidi
Siti Nuraisyah
Arisanti, K., Khumaidi, A. ., & Nuraisyah, S. . (2024). Implementasi tasawuf irfani dalam pendidikan agama islam. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 34–45. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v6i1.350
Copyright and license info is not available

Article Details