Inovasi metode pembelajaran Al-Qur’an hadits di MA Miftahul Jannah Wangkal Gading Probolinggo

Ahmad Khumaidi, Kustiana Arisanti

Abstract

Hakikat dari dari pendidikan adalah merubah pola pikir, sikap dan tindakan seseorang melalui pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga mempunyai nilai-nilai yang dijadikan pijakan dalam setiap mengatasi permasalahan dalam kehidupannya. Tujuan tersebut akan lebih mudah tercapai apabila guru harus pandai memilih metode yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik. Supaya anak didik merasa senang dalam belajar. Dalam proses belajar mengajar bukan hanya menyampaikan ilmu pengetahuan saja, akan tetapi memberikan motivasi itu sangatlah penting karena secara psikologis anak akan merasa senang apabila mereka diperhatikan. Salah satu cara memberikan perhatian adalah dengan memotivasi. Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di MA. Miftahul Jannah  dengan judul penelitian : “ Inovasi metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA. Miftahul Jannah  Wangkal Gading Probolinggo”penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai jenis metode yang digunakan dan bagaimana penerapannya dalam mata pelajaran  Al-Qur’an Hadits di MA. Miftahul Jannah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan Lokasi penelitian ini dilakukan di MA. Miftahul Jannah  Wangkal Gading Probolinggo. Subjek penelitian adalah guru Al-Qur’an Hadits, siswa dan kepala sekolah. sedangkan objek penelitian adalah penerapan modifikasi metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Hasil dari penelitian menunjukkan dalam menyampaikan materi Al-Qur’an Hadits guru MA. Miftahul Jannah  memperhatikan pemilihan metode pembelajaran

References

Amirul Hadi, haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung , Pustaka Setia.
Lexi J. Moleong. 2010. Metodolog Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2005.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivai Belajar Mengajar, Jakarta, Rajagrafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta, Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2002. Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta.
Depdiknas. 2002. Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah. Jakarta
Depdiknas. 2002. Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta.
Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Pelayanan Profesional Kurikulum 2004. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Petunjuk Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Kurikulum dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta
Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 1996 Strategi belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media.
Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Authors

Ahmad Khumaidi
adi765316@gmail.com (Primary Contact)
Kustiana Arisanti
Khumaidi, A., & Arisanti, K. . (2024). Inovasi metode pembelajaran Al-Qur’an hadits di MA Miftahul Jannah Wangkal Gading Probolinggo. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 16–22. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v6i1.347
Copyright and license info is not available

Article Details