Politik Dalam Islam : Review Serial Drama Turki Muhtesem Yuzyil : Kosem

Siti Maryam

Abstract

Politik adalah salah satu tema kehidupan yang tak pernah selesai untuk didiskusikan. Dari zaman Rasulullah SAW sampai abad modern ini potret politik Islam memiliki warna tersendiri yang turut menjadi peradaban dalam kehidupan manusia. Bagaimana politik dalam Islam, seperti apa berpolitik ala Islam dan apakah politik Islam sudah sesuai dengan tuntunan Al Quran sebagai kitab Suci umat Islam. Menurut Muhtesem Yuzyil : Kosem adalah salah satu dari kisah politik dinasty yang penulis angkat dalam artikel ini untuk mencoba menelaah, kehidupan kerajaan Islam pada masa kejayaannya di Turki. Intrik harta, tahta dan wanita yang menjadi pernak pernik yang seolah menjadi hal yang mutlak dalam kekuasaan Sultan.

References

A.P .Cowie, Oxford Leaner’s Dictionary , Oxford: Oxford University Press, 1990.
Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan terjemahnya, Juz 1 – Juz 30. Surabaya: Mekar, 2002.
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-3/20352001-MK-Solikhun.pdf
Hornby, A.S., Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English., New York: Oxford University Press, 1986.
J. Suyuthi Pulungan, Fiqh Siyasah: Ajaran, Sejarah, dan Pemikiran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, cet. Ke-5, 2002
Kartono, Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2002.
Lois Ma’luf, Al-Munjid Fi Al-Lughat Wa Al-A’alam, Beirut : Dar al-Masyriq, 1986, hlm.362 lihat juga Abu al-fadhl al-Din Muhammad bin Mukram bin Manzhur, lisan al-Arab, Vol.VI, Beirut : Dar Shadir, 1968
Qardlawi, Yusuf, Al-Tarbiyat al-Islamiyat wa Madrasat Hasan al-Banna, diterjemahkan ke dalam bahasa In donesia oleh Gazali Mukri dengan judul: Sistem Kaderisasi Ikhwanul Muslimin. Solo: Pustaka Mantiq, 1993.
Rais, M. Amin, Cakrawala Islam, antara Cita dan Fakta. Bandung: Mizan, 1996. Rapar, J.H., Filsafat Politik Plato. Jakarta: Rajawali, 1993.
Russel, Bertarnd, Religion and Sicience, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ruslani dengan judul: Perjumpaan Sains – Agama dan Cita-cita Politik. Jakarta: UFUK Press, 2005.
Sadili, Hassan, Sosiologi untuk Masyrakat Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 1993. Salim, Abd. Muin, Konsepsi Kekuasaan Politik dalam al-Qur’an (Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2002)
Tim Penyusun kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Webster’s Dictionary, New Revised Edition. Miami, Plorida: PSI Assosiates Inc., 1987. Zainuddin, A. Rahman, “Ilmu Sejarah, Sosial dan Politik” dalam Taufik Abdullah (eds.), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Pemikiran dan Peradaban, IV. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.

Authors

Siti Maryam
ma_yajulia@yahoo.co.id (Primary Contact)
Maryam, S. . (2023). Politik Dalam Islam : Review Serial Drama Turki Muhtesem Yuzyil : Kosem. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 141–149. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.309
Copyright and license info is not available

Article Details